Friday, May 1, 2015

Tips Ampuh Saat Berkunjung ke Negara Mayoritas Muslim



Tak ada tempat lain yang lebih menarik bagi para pecinta wisata alam dan sejarah, kecuali wisata ke negara-negara muslim. Terbentang dari Afrika, Timur Tengah, sebagian kawasan Eropa, hingga kepulauan Indonesia, negara-negara itu memiliki segalanya.

Bentang alam yang mempesona, kekayaan sejarah, kuliner khas, keramahtamahan penduduk, hingga budaya masyarakat yang unik. 

Namun, kita juga butuh bekal pengetahuan dan persiapan lebih sebelum mengunjungi sejumlah negara muslim, terlebih tidak sedikit negara muslim yang hari ini sedang dalam kondisi bergejolak. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum mengunjungi negara Muslim. Laman intheknowtraveler.com merangkum tipsnya.

1. Buatlah janji di masjid setempat dan duduk dengan syekh untuk lebih memahami agama Islam. Apalagi jika Anda non-muslim, tidak ada salahnya memahami agama dari masyarakat yang akan dituju.

2. Kunjungi perpustakaan setempat atau toko buku untuk mengumpulkan informasi tentang negara, entah itu hal-hal sederhana seperti kondisi geografi atau fakta sejarah yang lebih intens.

3. Baca surat kabar atau informasi tentang negara itu secara online untuk mendapatkan informasi terbaru. 

4. Cobalah untuk menjalin hubungan dengan penduduk asli atau koresponden, baik melalui tatap muka maupun email. Hal itu penting untuk mengetahui kondisi terkini negara yang bersangkutan dan daerah mana  yang paling aman untuk dikunjungi.

5. Pelajari tentang makanan dan minuman. Jika Anda sensitif, jangan coba-coba dengan kuliner lokal setempat.

6. Cari tahu tentang kultur negara yang akan dituju. Misalnya, kita harus tahu bahwa di negara-negara Muslim seorang pria tidak bisa berjabat tangan seorang wanita.



7. Pelajari kalimat-kalimat sederhana untuk membuka percakapan.

8. Patut diingat bahwa di sejumlah negara Muslim toko-toko dan restoran tutup selama waktu salat.

9. Jika Anda dapat mengambil kelas bahasa atau membeli kaset audio, hal itu akan sangat membantu kita berkomunikasi.

10. Pastikan Anda tahu di mana lokasi kedutaan, rumah sakit, dan toko-toko yang menjual produk yang Anda butuhkan.

11. Cari tahu informasi tentang kurs mata uang, tarif angkutan umum, dan barang-barang keperluan sehari-hari sehingga Anda tidak mudah ditipu.

12. Miliki pikiran dan hati yang terbuka. 

No comments:

Post a Comment