Friday, May 8, 2015

Pasar Qianmen di Tiongkok, Umurnya Ratusan Tahun


Bagi sebagian traveler Indonesia, liburan terasa hampa tanpa belanja. Nah, jika liburan ke Beijing di Tiongkok, sempatkan belanja di Qianmen Street. Pasar yang sudah berumur ratusan tahun ini menjual berbagai barang bermerek internasional lho!

Qianmen Street merupakan pusat perbelanjaan berumur ratusan tahun di pusat Kota Beijing, Tiongkok. Lokasinya tak jauh dari Lapangan Tiananmen Square dan Forbidden City. Pasar ini menjual berbagai barang mulai dari pakaian, perhiasan hingga teh khas Negeri Tirai Bambu.

Pada masa Dinasti Ming dan Qing atau sekitar 570 tahun lalu, jalan ini masih bernama Zhengyangmen. Nama Qianmen baru diresmikan pada 1965 setelah Tiongkok menjadi republik.

Pada masa dinasti terakhir Tiongkok, yaitu Dinasti Qing, jalan ini sudah menjadi pusat perbelanjaan yang ramai. Banyak warga berbelanja daging, pakaian, perhiasan, dan lain-lain.

Qianmen dulunya memang hanya jalan lurus yang di kiri dan kanannya dipadati pedagang dengan kios kayu sederhana. Sekarang, para pedagang di Qianmen sudah menempati toko yang megah, tapi masih dengan nuansa kental Tiongkok.

Banyak toko pengrajin tua yang masih bertahan. Salah satunya adalah toko sepatu Nei Lian Sheng (NLS) yang sudah berdiri sejak 1854. Banyak orang terkenal jadi langganan di toko sepatu ini, mulai dari tokoh revolusi Tiongkok Mao Zedong sampai aktor Hollywood Jackie Chan.

Camilan khas Tiongkok juga banyak dijual di sini, termasuk teh resep kuno yang bisa diseduh untuk menemani camilan tersebut. Pasar ini pun sudah beberapa kali direnovasi, terakhir kali menjelang Olimpiade 2008.

No comments:

Post a Comment