Thursday, May 28, 2015

Kira-kira, di Mana Tempat Terpanas dan Terdingin di Dunia



Mungkin kamu pernah penasaran seperti apa rasanya berada di tempat paling panas atau paling dingin di dunia. Penasaran? Berikut daftar tempat yang terpanas dan juga terdingin. 

Sepanas-panasnya atau sedingin-dinginnya cuaca di Indonesia sudah pasti takkan sepanas atau sedingin tempat-tempat ini. Perusahaan energi asal Inggris, GB Energy baru saja mengeluarkan daftar tempat terpanas dan terdingin. 

Ditengok dari situs remisnya, yang terpanas adalah di Iran, tepatnya di kawasan Dasht-e Lut. Dataran ini tercatat bersuhu 70,7 derajat Celcius dan jadi yang paling panas di dunia. Selanjutnya ada di Queensland Outback dengan 69,3 derajat Celcius.

Untuk area pengunungan yang paling panas dimiliki oleh Tiongkok. Dengan suhu 66,8 derajat Celcius, Pegunungan Flaming di Xinjiang menjadi yang terpanas di dunia. Sedangkan untuk gua denga suhu terpanas ada di Meksiko. Tepatnya di Cave of the Crystals yang punya suhu 58 derajat Celcius. 

Selanjutnya ada Al Aziziyah di Libya dengan 57,8 Celcius, Death Valley di California, AS dengan 56,7 Celcius, Kebili di Tunisia dengan 55 derajat Calcius dan Frying Pan Lake di Selandia Baru yang suhunya sekitar 50-60 derajat Celcius. 

Kini waktunya membicarakan yang terdingin. Tempat terdingin di dunia ternyata ada di Vostok Station, Antartika. Di sana, pernah tercatat suhu paling dingin di dunia yaitu minus 89,2 derajat Celcius. Disusul oleh Verkhoyansk di Rusia yang merupakan kawasan pedesaan yang jarang sekali didatangi matahari. Tak heran jika suhu di sana mencapai minus 72 derajat Celcius. 

Masih di Rusia, kini ada pula Kota Oymyakon yang suhunya minus 67,7 derajat Celcius. Di bawahnya, ada Greenland yang punya suhu minus 66,1 derajat Celcius. 

Selanjutnya ada Yakutsk di Rusia dengan suhu minus 64,5 derajat Celcius, Gunung McKinley di Alaska, AS dan Ulaanbaatar di Mongolia dengan suhu minus 40 derajat Celcius. Penasaran ingin liburan ke sana dan merasakan ekstremnya cuaca? 

No comments:

Post a Comment