Thursday, May 28, 2015

Ini Ibukota Thailand, Jauh Sebelum Bangkok



Sukhothai adalah nama kerajaan pertama di Thailand, selain juga Lanna yang menempati daerah Chiang Mai. Sukhothai kemudian menjadi ibukota pertama di Negeri Gajah Putih, tepatnya sejak 1238.

Wilayah Sukhothai terletak sekitar 7 jam perjalanan dari Bangkok, Thailand. Banyak turis melewatkan kota ini, padahal tepat dilewati jika Anda pergi ke Chiang Mai lewat jalur darat. Tak banyak pula turis yang tahu, Sukhothai adalah ibukota pertama Thailand tepatnya pada 1238.

Sukhothai Historical Park adalah buktinya. Komplek sejarah seluas 70 Km2 ini punya reruntuhan 21 kuil dari abad ke-13. Komplek ini adalah mahakarya Raja Sukhothai yang bernama Ramkamhaeng. Dialah yang menciptakan alfabet Thailand, sekaligus mendirikan pondasi politik dan agama di Negeri Gajah Putih itu.

Reruntuhan puluhan kuil tersebut tersebar di lanskap hijau, dengan lebih dari 200 kanal dan danau buatan yang sangat cantik. Sukhothai Historical Park, bersama beberapa situs lain di Old Sukhothai yaitu Ramkhamhaeng National Museum, Ramkhamhaeng National Park, Sri Satchanalai National Park, The Royal Palace, dan Wat Mahathat adalah Situs Warisan Dunia yang didaulat UNESCO.

Kalau Anda ingin melihat reruntuhan bangunan yang lebih sepi dan jarang dijamah wisatawan, bertolaklah ke Sri Satchanalai Historic Park. Terletak 55 kilometer dari Old Sukhothai, tempat ini punya atmosfer yang lebih tenang.

Cara paling baik untuk berkeliling seluruh lokasi di Sukhothai adalah dengan bersepeda. Anda bisa menyewa sepeda di pintu masuk Sukhothai Historical Park. Ketika tiba lagi di New Sukhothai, jangan lupa kunjungi pasar tradisional dan cicipi juga kulinernya.

Baik terbit atau terbenam, Sukhothai adalah lokasi yang tepat memotret matahari. Di pagi hari, mentari muncul di antara puncak-puncak reruntuhan berbalut kabut tipis. Sementara saat senja, semburat oranye di balik Buddha raksasa tak ada tandingannya!

No comments:

Post a Comment