Thursday, April 30, 2015

Mau Belanja dan Kuliner di Kinabalu, Ini Tempatnya!



Kinabalu yang merupakan ibukota negara bagian Sabah, Malaysia mencoba menarik perhatian wisatawan. Mereka menawarkan wisata belanja kerajinan dan wisata kuliner yang patut dicoba.

Sekitar 15 persen wilayah Kota Kinabalu adalah hasil reklamasi sejak 1980-an. Pepohonan bakau berganti dengan deretan bangunan. Jalan Pantai yang dulu benar-benar bersisian dengan pantai, kini jadi agak ke tengah. Sekarang kawasan perlindungan bakau ada di Kota Kinabalu Wetland Center.

Sementara itu, Teluk Likas yang dipinggiri seruas panjang Jalan Tun Fud Stephens adalah tempat berlangsungya lomba-lomba internasional, seperti triathlon dan perahu naga. Di sepanjang tepinya, pemerintah membangun jalur khusus untuk jogging dan bersepeda, sebuah upaya mendukung gaya hidup sehat. Walau Kota Kinabalu relatif kota kecil, jangan takut kelaparan atau mati gaya mencari restoran.

Memang, umumnya restoran buka di jam normal, yakni pukul 10.00-22.00 seperti Little Italy, restoran terkenal dengan menu khas Italia, terutama pizza. Ada yang buka pukul 15.00 hingga lewat tengah malam, umumnya kedai kopi Tionghoa seperti Fatt Kee.

Ada pula yang buka 24 jam, seperti Azlina Sulawesi, restoran mamak milik pria Makassar yang menikah dengan perempuan Sabah. Ada juga restoran spesialis sarapan, seperti Kedai Kopi Yee Fung yang punya menu andalan laksa.

Restoran-restoran itu berada di kawasan backpacker, Jalan Gaya dan Jalan Pantai, tempat bertebarannya hotel murah. Toko obat, dari yang toko tradisional Tionghoa sampai waralaba macam Guardian, lengkap tersedia di kawasan ini, juga minimarket 24 jam

No comments:

Post a Comment