Friday, April 3, 2015

Yang Unik di Rusia, Kuil 16 Agama



Mungkin, belum banyak traveler yang tahu tentang Kota Kazan di Rusia. Tapi ternyata, di sana terdapat Temple of All Religion yang merupakan suatu kuil dengan aneka simbol dan ciri khas dari 16 agama di dunia. Seperti apa?

Pariwisata di Rusia masih dipandang sebelah mata. Paling hanya Kota Moskow saja, yang sudah jadi primadona. 700 Kilometer dari sana, Anda bisa mampir ke Kazan. Kota yang penuh bangunan bersejarah, salah satunya adalah Temple Of All Religion.

Dari berbagai situs mengenai wisata kota Kazan yang detikTravel kumpulkan, Senin (30/3/2015) Temple of All Religion dibangun oleh seniman Ildar Khanov dalam jangka waktu dua tahun, dari 1992 sampai 1994. Sesuai namanya, kuil tersebut menyimbolkan seluruh agama yang ada di dunia.

Total, ada 16 agama yang ada di Temple of All Religion seperti Islam, Kristen, Kristen Ortodoks, Yahudi sampai Buddha. Serta, beberapa nama agamanya yang mungkin belum Anda dengar seperti Zooraster, Shikisme, Jainisme, Bahai, Sinto, Cao Dai, Saintologi dan masih banyak lagi. Semua agama tersebut disimbolkan dalam tiap lukisan, kubah, menara sampai dinding ruangan. 

16 Agama tersebut juga disimbolkan melalui kubahnya yang berwarna-warni, seperti biru, hitam, kuning dan hijau. Ada kubah dengan ujungnya berbentuk bulan yang melambangkan Islam sampai simbol salib. Cantik!

Memasuki bagian dalam, arsitekturnya makin bikin takjub. Lihatlah pahatan candi-candi dan berbagai dewa yang diyakini oleh umat Hindu. Lukisan Yesus dan patung salib yang besar pun terpajang. Tak ketinggalan, arsitektur berupa vihara dan masjid juga ada di dalamnya

Yang harus diingat, Temple of All Religion ini bukanlah sebagai tempat ibadah. Ildar Khanov membangunnya sebagai karya seni, sekaligus memiliki visi kalau semua agama di dunia adalah sama

No comments:

Post a Comment