Sunday, April 26, 2015

4 Barang yang Tak Boleh Ketinggalan Saat ke Luar Negeri




Traveling ke luar negeri butuh persiapan khusus. Selain bujet dan itinerary, ada beberapa hal yang tak boleh ketinggalan saat meninggalkan Indonesia. Cek dan ricek sebelum berangkat ya!

Setidaknya ada 4 barang utama yang tak boleh ketinggalan saat traveling ke luar negeri. berikut daftarnya:


1. Ponsel

Di era teknologi seperti sekarang, agaknya ponsel/smartphone jadi kebutuhan primer para traveler. Dari semua gadget yang Anda miliki, mungkin ponsel adalah barang yang paling tidak boleh ketinggalan. Lain halnya dengan laptop, tablet, atau gadget lainnya.

Membawa ponsel, jangan lupa bawa serta charger atau powerbank. Jangan lupa matikan terlebih dahulu paket data, agar pulsa Anda tidak jebol begitu dipakai di luar negeri karena paket internet tetap menyala.


2. Kartu ATM atau kartu kredit

Barang penting lainnya yang wajib dibawa adalah kartu ATM dan kartu kredit, Anda boleh juga membawa keduanya. Kedua kartu ini untuk berjaga-jaga kalau Anda kehabisan uang saat di perjalanan.

Semua kartu debit bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM negara manapun, selama terdapat label Visa/ MasterCard di mesin ATM tersebut. Namun pastikan Anda menyimpan kedua kartu ini di tempat yang aman, misal di bagian bawah tas yang selalu Anda bawa.


3. Paspor

Nah, ini dia barang terpenting saat bepergian ke luar negeri. Jauh-jauh hari sebelum berangkat, cek kembali paspor Anda dan pastikan paspor belum kedaluarsa. Masukkan ke dalam bagian yang aman di dalam tas yang selalu Anda bawa.

Jika paspor Anda tertinggal, atau hilang di negara lain, bisa runyam urusannya. Anda harus melapor ke kantor polisi setempat kemudian mengurus paspor sementara di Kedubes RI. Proses itu butuh waktu yang tidak sebentar, bisa jadi 3-7 hari.

4. International adaptor

Jangan kira stop kontak di luar negeri selalu terdiri dari 2 lubang, sama seperti Indonesia. Colokan listrik berbeda-beda di hampir tiap negara. Oleh karena itu Anda butuh international adaptor agar bisa mengisi daya baterai gadget.

International adaptor dijual di toko-toko peralatan elektronik, juga toko khusus perlengkapan traveling. Bentuknya kecil sehingga mudah dibawa-bawa. Anda bisa saja membeli international adaptor di hotel tempat menginap di luar negeri, namun harganya pasti lebih mahal.




No comments:

Post a Comment