Tuesday, April 28, 2015

London Punya Jembatan yang Bisa Digulung





Jembatan pejalan kaki tak hanya berfungsi untuk menyeberang saja. Banyak jembatan yang desainnya keren dan menjadi daya tarik wisata, seperti Rolling Bridge di Inggris. Jembatan ini terbuat dari baja dan bisa digulung lho!

Rolling Bridge merupakan jembatan pejalan kaki yang ada di kanal Grand Union di Paddington Basin, London, Inggris. Jembatan ini didesain oleh arsitek Inggris bernama Thomas Heatherwick. Rolling Bridge selesai dibangun tahun 2004 dengan panjang 12 meter.

Dilihat  dari situs pariwisata London, Rolling Bridge memang tergolong pendek. Namun desainnya yang tak biasa, membuat jembatan ini menjadi objek wisata yang menarik. Sebabnya, Rolling Bridge bisa digulung untuk memberi jalan bagi perahu yang akan lewat.

Jembatan pejalan kaki tersebut dipasangi mesin hidrolik yang membuatnya bisa menggulung. Ketika ada perahu yang akan lewat, posisi jembatan yang tadinya lurus akan tertarik ke atas, kemudian melingkar seperti keong hingga kedua ujung saling bertemu.

Waktu dibuka dan ditutupnya jembatan ini diatur oleh Merchant Square Estates, sebuah perusahaan properti di Inggris. Jika penasaran ingin melihat langsung bagaimana jembatan ini menggulung, datanglah ke kanal Grand Union setiap hari Jumat sore.

Anda bisa melihat jembatan yang melingkar secara perlahan, sambil menyaksikan indahnya kanal di daerah tersebut. Untuk mencapai jembatan ini, Anda bisa naik kereta bawah tanah dan turun di Stasiun Paddington.

No comments:

Post a Comment