Sunday, April 5, 2015

Masjid Paling Tua di Tiongkok



Beberapa negara punya sejarah tentang perkembangan Islam yang menarik bagi traveler Muslim. Seperti di Kota Xian, Tiongkok terdapat Great Mosque Xian yang diyakini sudah berdiri sejak tahun 742. Menariknya, bangunannya tidak seperti masjid pada umumnya!

Situs BBC Travel, mengulas tentang Kota Xian yang berada di Shaanxi, Tiongkok. Di kota inilah, khususnya bagi traveler Muslim bakal merasakan kehidupan Islam yang sangat kental. Tak heran, Islam berkembang pesat di sana sejak ribuan tahun silam dan 70 ribu lebih penduduknya (suku Hui) menganut ajaran Islam.

Buktinya, Kota Xian memiliki Great Mosque Xian yang sudah berdiri sejak tahun 742 pada saat antara Dinasti Ming dan Qing. Disebut-sebut, inilah masjid paling tua yang ada di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Great Mosque Xian berlokasi di tengah kota, dekat kawasan Muslim Quarter. Kawasan yang paling populer dengan banyak kuliner halal dan pernak-pernik barang-barang khas Muslim. Mulai dari baju koko, peci, sampai minyak wangi. Banyak papan penunjuk yang akan mengantar Anda ke masjidnya, atau orang setempat bakal senang hati menunjukan jalannya.

Begitu tiba di Great Mosque Xian, Anda pasti dibuat tidak percaya. Tidak ada kubah yang besar atau menara masjid yang menjulang tinggi, yang ada hanya bangunan seperti kelenteng di depan mata!

Atap masjidnya berbentuk runcing seperti yang biasa Anda lihat di kelenteng. Belum lagi, terdapat beberapa pagoda yang sebenarnya berfungsi sebagai menara masjid.

Great Mosque Xian memiliki luas 13 ribu meter persegi, dengan 6 ribu meter persegi sebagai bangunan utamanya. Masjid ini dibangun oleh masyarakat asli Tiongkok yang memeluk ajaran Islam dari pedagang Arab Saudi dan Persia

No comments:

Post a Comment