Sunday, December 21, 2014

Misteri Kuil Pasir Masrur di India



Misteri Kuil Pasir Masrur di India

Hampir tak ada yang tahu pasti tentang bagaimana ukiran rumit dari pasir ini membentuk sebuah kuil. Selain dugaan dan legenda, tak ada fakta otentik yang membuktikan kapan dan siapa yang membangun kuil Masrur.

Dilansir Atlasobscura, Sabtu (20/12) terletak di India, semula ada 19 candi yang ditemukan terbuat dari ukiran pasir yang mengeras. Candi tersebut memiliki beragam ukuran dan kompleksitas. Selama bertahun-tahun, invasi dan bencana alam hanya menyisakan 15 candi saja.

Arsitektur yang unik menjadikannya salah satu situs candi paling menarik di India. Menurut legenda, candi dibangun oleh Pandawa, lima saudara yang terlibat dalam perang besar dengan sepupu mereka dalam cerita epik Mahabharata.

Sementara spekulasi arkeologi mengatakan candi dibangun pada abad ke-9 oleh seorang saudagar kaya. Saudagar kaya ini juga membangun kompleks kuil lain. Kuil ini, katanya, dibangun untuk Siwa, Rama, Sita dan Lakshamana.

Sejumlah patung batu yang menggambarkan dewa-dewa kepercayaan tersebut dapat ditemukan di dalam kuil besar. Bersama struktur yang ada, berdiri reservoir berlubang sepanjang 50 meter  dan terbuat dari pasir, mencerminkan misteri batu pasir pahatan ini awalnya berada di perairan.

No comments:

Post a Comment