Monday, March 16, 2015

Situs Purbakala Terbaik di Dunia







Ada ratusan, bahkan ribuan situs purbakala yang tersebar di berbagai belahan dunia. Dari semuanya, setidaknya ada 8 tempat yang dianggap terbaik dan wajib Anda kunjungi. Dari Peru sampai Pulau Paskah, berikut daftarnya.
Setidaknya ada 8 situs purbakala terbaik di dunia yang wajib Anda kunjungi. Berikut daftarnya :

1. Machu Picchu, Peru 

Mungkin inilah alasan utama traveler dari berbagai belahan dunia datang ke Peru. Machu Picchu yang terletak di selatan Peru menempati perbukitan yang hanya bisa dikunjungi lewat trekking. Ini adalah situs sejarah peninggalan salah satu suku paling terkenal di dunia yakni Inca.
Machu Picchu menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1983. Tempat ini juga menjadi bagian dari New Seven Wonders of the World pada 2007. Selain situs kuno, Machu Picchu juga terkenal sangat indah. Masyarakat lokal masih menjunjung tinggi tradisi dan upacara adat.

2. Piramida Giza, Mesir 

Piramida Giza sudah berdiri lebih dari 3.000 tahun, dan sampai sekarang masih membuat turis terheran-heran karena struktur bangunannya. Bangunan Piramida dibangun mengikuti astrologi, dan menyimpan banyak misteri yang bahkan sampai sekarang belum terungkap.
Piramida terbesar yakni Great Pyramid dibangun oleh Firaun Khufu dan hanya bisa dimasuki segelintir orang. Selain Piramida, situs purbakala ini juga punya Sphinx yang berkepala singa.

3. Angkor, Kamboja 

Kota kuno Angkor yang terletak di dekat Siem Reap, Kamboja ini merupakan pusat Kerajaan Khmer. Ini adalah salah satu kerajaan terbesar di Asia Tenggara. Angkor juga merupakan komplek candi terbesar sedunia!
Satu hari tampaknya tidak cukup menyambangi kuil-kuil di Angkor. Situs kuno ini memang digandrungi wisatawan, namun reruntuhannya masih terjaga sampai sekarang. Beberapa kuil yang wajib didatangi adalah Angkor Wat, Angkor Thom, Bayon, juga Ta Phrom.

4. Petra, Yordania 

Petra mulai terkenal di kalangan wisatawan karena menjadi lokasi syuting film Indiana Jones dan Transformers. Padahal, Petra adalah salah satu situs bersejarah paling keren di dunia yang didaulat UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada 1985.
Petra adalah kota kuno yang dipahat di tebing. Kota ini ditemukan oleh seorang peneliti Swiss pada 1812, dan disinyalir sudah ditempati sejak abad ke-6 SM. Cara paling asyik menjelajah Petra adalah dengan naik unta.

5. Stonehenge, Inggris 

Berlokasi dekat Salisbury, Inggris, situs purbakala ini sudah berusia lebih dari 3.000 tahun. Bebatuan raksasa yang ada di Stonehenge tidak terdapat di lokasi tersebut, melainkan di wilayah Wales yang sangat jauh dari sana.
Bagaimana cara manusia masa lampau memindahkan batu-batu raksasa ini dari Wales, masih jadi misteri sampai sekarang. Ssst, situs purbakala ini juga konon dibangun oleh alien!

6. Colloseum, Italia 

Berkunjung ke Roma, belum sah bila tak mengunjungi Colloseum. Ini adalah stadion tertua di dunia, peninggalan Kerajaan Romawi Kuno. Colloseum dibangun antara tahun 70-80 Masehi.
Situs ini dulunya adalah arena tanding gladiator. Kini, Colloseum menjadi destinasi wisata paling populer di ibukota Italia.

7. Moai, Pulau Paskah 

Pulau Paskah alias Easter Island, yang masuk teritori Chile adalah salah satu daratan paling terpencil di dunia. Uniknya, pulau yang terletak di tengah Samudera Pasifik ini punya peninggalan purbakala berupa patung-patung raksasa dari batu.
Nama patung itu adalah Moai. Sama seperti Stonehenge, bagaimana cara manusia purba membuat Moai juga masih menjadi misteri. Batu sejenis itu tidak ditemukan di Pulau Paskah, apalagi letaknya di tengah samudera. Apalagi ada ratusan Moai yang tersebar di seluruh penjuru pulau, bahkan di bawah airnya!

8. Parthenon, Italia 

Parthenon adalah bangunan megah peninggalan Kota Acropolis di Athena, Yunani. Situs bersejarah ini dibangun pada tahun 447 SM, dan baru rampung pada 432 SM.
Ini adalah salah satu situs kuno dengan bangunan terindah di dunia. Pilar-pilar megah masih berdiri, mencirikan arsitektur Yunani kuno. Sudah tak terhitung berapa kali terjadi percobaan pencurian benda kuno di Parthenon, namun beruntung, situs ini masih berdiri sampai sekarang.

No comments:

Post a Comment