Tuesday, March 24, 2015

Negara Paling Bahagia di Dunia



Dari ratusan negara di dunia, setidaknya terdapat 10 negara yang dinilai paling bahagia di dunia. Itu dinilai dari kehidupan sosial masyarakatnya, serta tak lepas dari destinasi wisatanya yang menarik untuk didatangi.

Dilansir dari CNN Travel, Senin (23/3/2015) suatu organisasi asal AS, World Happiness Report pernah mengeluarkan daftar 10 negara paling bahagia di dunia. Daftar tersebut pun didukung sepenuhnya oleh Sustainable Development Solutions Network dari PBB.

Penilaiannya berdasarkan harapan hidup masyarakat yang tinggi, produk domestik bruto per kapita, kehidupan sosial, tingkat kemurahan hati, kebebasan menentukan pilihan dan korupsi yang rendah. Tak ketinggalan, 10 negaranya juga punya destinasi-destinasi wisata yang cantik rupawan.

Kejutan, negara-negara Skandivia punya wakil paling banyak. Berikut, daftar lengkap 10 negara paling bahagia di dunia versi World Happiness Report bagian pertama:


Denmark

Denmark menempati peringkat paling pertama dalam 10 negara paling bahagia di dunia versi World Happiness Report. Soal wisata, Denmark punya Tivoli Gardens yang disebut-sebut sebagai taman rekreasi tertua di dunia. Taman hiburannya sudah dibangun sejak 1843.

Suasana serba klasik, begitu terasa di sana. Ada roller coaster dari kayu dan komidi putar yang terlihat benar-benar jadul, tapi bersih dan sangat terawat. Belum lagi, ada pertunjukan live musik setiap hari lho!

Belum selesai, saat malam hari Tivoli Gardens berhiaskan cahaya lampu berwarna-warni. Bayangkan, 100 ribu lampu penuh warna akan membuat Anda takjub dan jatuh cinta. 

Ada lagi, Rosenborg Castle yang masih di Kota Copenhagen. Di sana terdapat King's Garden, taman bunga dengan latar kastil dari abad pertengahan ala Eropa. Ditambah suasana kota yang bersih, tenang dan tempat-tempat wisata yang indah, pantas saja penduduknya bahagia.


Norwegia

Kalau Anda adalah traveler pecinta kuliner, Norwegia punya beberapa restoran terbaik di dunia yakni Ylajali, Statholdergaarden dan Maeemo. Siap-siap goyang lidah, sekaligus lihat pemandangan cantik di sana.

Kalau mau merasakan suasana yang masih alami, datangi Taman Nasional Dovrefjell. Padang rumput dan pegunungan bersalju terlihat jelas sejauh mata memandang. Binatan musk lembu dan kawanan rusa berkeliaran bebas, menambah elok pemandangan. Suasananya yang tenang nan damai, mampu membuat siapa saja betah tak ingin pulang.


Swiss

Salah satu alasan mengapa Swiss disebut negara paling bahagia adalah karena saljunya. Tepatnya di Kota Zermatt, lereng-lereng salju di sana menjadi arena permainan menantang sepanjang tahun. Bahkan, ketika musim panas sekalipun.

Kalau mau suasana serba hijau, melipirlah ke Appenzell. Pedesaan ini penuh dengan orang-orang ramah, yang siap menyambut turis dengan keju Alpine yang sangat maknyus


Belanda

Belanda yang khas dengan tulip, jadi alasan Negeri Kincir Angin itu masuk 10 besar negara paling bahagia di dunia. Apalagi kalau bukan Keukenhof, taman bunga paling populer sejagad.

Nah asyiknya, bunga-bunga tulip di Taman Keukenhof kini sedang mekar-mekarnya. Diprediksi akan terus seperti itu hingga 20 Mei 2015 mendatang, jutaan turis dari berbagai belahan dunia bakal berbondong-bondong ke sana. Mungkin, Anda salah satunya?

Pemerintah Belanda pun cerdik, mereka menjual paket tur Ijsselmeer, alias tur sepeda, dengan trek melewati perkebunan Belanda di pelosok-pelosok daerah. Panjang treknya sampai 400 km. Badan jadi sehat nih!


Swedia

Swedia melengkapi dominasi Eropa dalam daftar 10 negara paling bahagia di dunia. Untuk destinasi wisatanya, Swedia punya Gamla Stan yang merupakan kawasan kota tua. Kalau jalan-jalan di sana, serasa sedang ada di abad pertengahan saja.

Di Kota Stockholm juga terdapat Royal National City Park. Inilah taman perkotaan pertama di dunia yang sungguh rindang dengan udara sangat segar. Sedangkan traveler yang suka adventure, kunjungilah taman nasional laut Kosterhavet. Bisa mendayung dan bertemu anjing laut lho!

Yang menarik di Swedia, adalah masyarakatnya yang suka berkumpul di kafe sambil ngopi. Meski Anda adalah turis, mereka bakal menyambut Anda dengan baik dan saling bertukar cerita.


Kanada

Kanada mewakili negara dari benua Amerika dalam daftar 10 negara paling bahagia di dunia. Selain mayarakat dan suasana kotanya yang menyenangkan, destinasi wisata di sana pun tak bisa dinilai sebelah mata.

Kanada punya Taman Nasional Banff di Alberta. Taman Nasional yang penuh danau dan padang rumput, dengan latar barisan pegunungan yang puncaknya tertutup salju. Ciamik!

Masih di Alberta, turis yang suka memacu adrenalin dapat mampir ke Skoki Lodge. Resor ski pertama di Kanada dengan lahan bermain yang luas dan tenaga pelatih yang terampil.

Sedangkan Haida Gwaii  merupakan kawasan pesisir yang dipenuhi tebing. Menariknya, banyak kolam-kolam alami di sudut-sudut tebing tersebut seolah bagaikan kolam renang pribadi. Berenang sambil melihat pulau yang hijau dan perairan biru jernih, siapa yang tidak mau?


Finlandia

Lagi-lagi negara dari kawasan Skandinavia terpilih jadi salah satu negara paling bahagia di dunia. Kali ini adalah Finlandia dnegan daya tarik Igloo Village, alias desa igloo di Saariselka.



Sebenarnya itu bukanlah desa, melainkan bagian dari Hotel Kakslauttanen. Di Igloo Village, terdapat banyak kamar yang terpisah dan menyerupai rumah igloo seperti rumah orang-orang Eskimo di kawasan Kutub Utara. Kamarnya hanya cukup dua orang saja.

Menariknya, dari dalam kamar Anda bisa menyaksikan Aurora yang terlihat di langit pada malam hari. Warnanya yang hijau, ungu dan kuning bikin lupa daratan. Karena atapnya tembus pandang, jadi Anda bisa melihatnya dari atas ranjang. Satu lagi, di Finlandia juga ada Desa Sinterklas yang unik.

Austria
Austria punya Wina yang digadang-gadang sebagai destinasi paling oke di Eropa. Pertunjukan musik di Wina Musikverein, Golden Hall begitu tersohor di dunia.

Cafe Sacher, tempat makan di sana pun berisikan aneka makanan lezat terutama sajian cokelatnya. Sedangkan Pogusch Country Inn, merupakan penginapan sekaligus restoran yang ada di perbukitan. Suasananya tenang nan syahdu.


Islandia

Soal popularitas, Islandia masih di bawah negara-negara lain di Eropa seperti Prancis atau Spanyol. Jangan salah, Islandia punya Blue Lagoon yakni kolam air panas alami berwarna biru toska. Letaknya di Grindavik, sebelah barat daya Islandia.

Airnya kaya dengan mineral seperti silika dan belerang. Berendam di sini konon bisa menyembuhkan penyakit kulit. Temperatur Blue Lagoon di area berendam dan berenang sekitar 37-39 derajat Celcius. Berendam di sana, pikiran juga akan tenang.

Sedangkan traveler yang gemar bertualang di alam liar, beberapa tempat berikut ini wajib didatangi saat ke Islandia. Tempat-tempatnya adalah Taman Nasional Snaefellsjokull yang punya gletser di atas gunung berapi, Saxholl berupa kawah gunung berapi yang cantik, Rauofeldargja sebagai air terjun tersembunyi dalam gunung dan Londrangar yakni tebing yang cantik.


Australia

Siapa sangka, Australia masuk dalam daftar 10 negara paling bahagia di dunia. Salah satu faktornya adalah banyaknya tempat wisata di sana yang bisa melepas kepanatan.

Salah satunya yakni Great Barrier Reef di lepas pantai Queensland. Ini adalah kumpulan terumbu karang terbesar sedunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Sampai-sampai masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Silakan, Anda berenang, menyelam atau snorkeling di sana.

Untuk mendapatkan suasana kota yang nyaman, Anda bisa menuju Wollongong di New South Wales. Ternyata, penduduk di sana disebut-sebut sebagai penduduk yang paling bahagia di dunia. Kota yang penuh campuran etnis dari berbagai negara, tapi tetap rukun. Di sana pun terdapat Nan Tien, Kuil Buddha terbesar di Bumi bagian selatan.




No comments:

Post a Comment