Thursday, November 20, 2014

Turki Hancurkan Gedung Tinggi di Istanbul, Lindungi Keaslian Sejarah Kota


http://www.hasanahqaromah.com/category/turkiye/


Pemerintah Turki telah menyetujui rencana untuk menghancurkan satu kompleks gedung pencakar langit baru di wilayah Zeytinburnu, Istanbul untuk melindungi kompleks bangunan bersejarah di wilayah Masjid Sultan Ahmad, termasuk  bangunan utama Hagia Sofia. 

Tiga gedung pencakar langit dalam pengembangan Onalti Dokuz di sebelah barat Istanbul akan dibongkar, setelah Dewan pemerintah Turki Negara menolak banding terhadap putusan pengadilan yang menuntut penghapusan bangunan ini.

Gedung yang dihancurkan merupakan apartemen,, dirancang oleh Alpar Arsitektur untuk pengembang Astay Gayrimenkul, dirancang untuk membentuk pusat untuk pengembangan situs 12-hektar dan bervariasi tingginya 36-27 lantai. 

Tapi keputusan untuk memungkinkan pembangunan mereka terbukti kontroversial, dengan banyaknya  penolakan dari  kritikus dan pegiat lingkungan tata kota yuang menyatakan cemas pada dampak dari menara di siluet kota, termasuk pemandangan Hagia Sophia, Topkapi Palace dan Masjid Biru. 

Pembangunan kontroversial sendiri sudah lama ditentang. Pada bulan Desember tahun lalu, pengadilan administrasi Istanbul memerintahkan penghancuran lantai di menara Onalti Dukuz yang terlihat di atas langit kota bersejarah. Kedua pengembang dan Istanbul dan Zeytinburnu kota mengajukan banding atas keputusan tersebut, namun Dewan Negara kini telah menolak aplikasi mereka.

No comments:

Post a Comment