Monday, November 17, 2014

Dari Pantai Hingga Danau Tengah Laut, Semua Ada di Langkawi!

Langkawi merupakan tempat wisata yang sangat populer di Malaysia. Selain alamnya yang indah, Langkawi punya wisata komplet. Dari pantai, air terjun, cable car hingga danau di tengah laut, semuanya ada di Langkawi.

Langkawi bukanlah nama yang asing di telinga saya, tapi yang saya tau hanya sebatas Tour de Langkawi yang tersohor. Ketika mencari tau lewat internet ternyata banyak keindahan yang masih tersimpan di Langkawi yang belum diketahui traveler Indonesia.

Setibanya di Langkawi, kami naik taksi menuju hotel dan istirahat sebentar. Kami menginap di hotel sekitar Pantai Cenang, pantai yang lebih ramai dibanding Pantai Tengah yang segaris dengan Pantai Cenang. Setelah hari agak sore, kami pun ke pantai untuk sekedar jalan-jalan di pinggir pantai, tidak ada yang istimewa di Pantai Cenang ini karena kurang lebih mirip dengan Pantai Kuta, Pantai Patong dan Pantai Pattaya. Bedanya, ombak di pantai ini lebih tenang.

Esok harinya saya pun bangun siap-siap untuk island hopping dan berangkat dari hotel menuju pelabuhan. Kami naik kapal kecil dan tujuan pertama adalah Tasik Dayang Bunting dimana terdapat sebuah bukit yang mirip wanita hamil. Setelah diperhatikan, memang sangat mirip dengan wanita hamil.

Ajaibnya, di balik bukit ini ada sebuah danau. Ketika kami melihat danau tersebut, saya sangat takjub dan heran ternyata memang benar ada danau di tengah laut. Asyiknya kita bisa berenang di sekitar danau tersebut.

Perjalanan selanjutnya adalah melihat burung elang diberi makan. Pengemudi kapal akan melempar daging ke laut dan elang-elang secara otomatis akan terbang dari pohon-pohon dan mengambil daging yang dilempar ke laut. Ehm, seumur-umur baru kali ini melihat elang diberi makan. Pantas pulau ini disebut Langkawi karena ternyata memang banyak elang.

Lalu island hopping yang terakhir adalah mandi di Pulau Beras Basah, sebuah pulau indah dengan pasir putih dan air yang jernih. Puas berenang kami pun pulang kembali ke hotel, tetapi keindahan Langkawi tidak sampai disitu. Kami melanjutkan perjalanan ke Langkawi Cable Car yang jaraknya kurang lebih 30 menit dari Pantai Cenang.

Ketika sudah beli tiket, Kami sempat ragu untuk melanjutkan melihat cable car menuju puncak gunung yang sangat tinggi. Kami ragu karena ketika melihat raut wajah yang naik cable car terlihat seperti menahan napas, ketika semakin tinggi mukanya pun semakin pucat.

Pemandangan yang begitu indah tidak bisa mengobati rasa takut apalagi pada waktu itu angin sangat kencang. Akhirnya sampai di puncak, hati pun lega ditambah pemandangan yang begitu indah. Terbersit dalam hati kenapa Indonesia tidak bisa buat cable car seperti ini.

Tidak jauh dari Langkawi Cable Car, ada air terjun tujuh tingkat atau yang lebih dikenal dengan Seven Wells Waterfall, kami pun memutuskan menuju kesana. Ternyata untuk sampai di air terjun harus mengalahkan ratusan anak tangga, cukup menguras tenaga memang. Akhirnya, saya sampai juga dengan keringat yang bercucuran. Ketika sampai di atas sungguh ajaib sungai yang sangat jernih dan Pantai Langkawi terlihat jelas dari sini serta cable car yang terlihat bergerak naik dan turun.

Tanpa ragu saya pun mengganti pakaian dan langsung mandi, rasanya segar luar biasa. Sungguh sensasi yang luar biasa mandi di atas gunung dan bisa melihat lautan yang luas. Perjalanan pun dilanjutkan melihat pantai-pantai di sekitar Langkawi antara lain Pantai Pasir Hitam dan Pantai Tanjung Rhu.

Kami lalu merendam kaki di Air Hangat Village, lalu setelah itu kami menuju Durian Perangin Waterfall. Uniknya ternyata memang semua pohon di sekitar air terjun adalah pohon durian.
Waktu telah berlalu dan kami pun harus pulang. Nah, ada yang tidak boleh dilupakan kalau ke Langkawi yaitu belanja di Duty Free Mall. Mal ini ada di sekitar Pantai Cenang dan juga di Kota Langkawi.
Istimewanya lagi harganya memang super murah dibanding di Indonesia.

Perjalanan ke Langkawi penuh dengan pengalaman yang mengesankan, memang pantas Langkawi disebut sebagai Permata Kedah.