Tuesday, November 18, 2014

Minuman Khas 7 Negara yang Disuka Wisatawan




Selain makanan, minuman juga menjadi daya tarik kuliner. Hampir setiap negara punya minuman khasnya masing-masing, dari yang segar bersoda sampai yang unik rasanya. 7 Minuman ini terkenal di kalangan wisman.

Caipirinha Brasil yang menyegarkan, hingga yerba mate Argentina yang berkafein. apabila berkunjung ke 7 negara ini, jangan lupa mencoba minuman khasnya juga.

1. Brasil 

Selain Pantai Copacabana, Patung Christo Redentor, sepakbola, dan penari samba, Brasil juga punya minuman khas yang menyegarkan. Caipirinha, minuman khas tropis yang sangat segar dan bisa dibuat dari berbagai buah seperti lemon, jeruk, dan semangka.

Kunci kesegarannya terletak pada cachaca yang didistilasi dari jus tebu. Di Brasil, minuman ini pun sangat populer. Rayakan kebersamaan Anda di Brasil dengan meminum caipirinha. Mungkin Anda bisa langsung ahli joged samba setelah meminumnya.

2. Swedia 

Sedangkan di Swedia yang bersuhu sedikit dingin, minuman khasnya adalah punsch. Uniknya, punsch dibuat dari alkohol yang diimport dari Asia, arak. Kandungan alkoholnya 20%-30%, cukup tinggi. Rasanya pun sedikit pedas dan manis, umumnya disajikan dengan es.

Saat musim dingin, punsch dipanaskan hingga 40 derajat celcius. Membuat punsch menjadi teman bersantap sup kacang Swedia yang ideal.

3. Amerika

Kalau untuk minuman khas Amerika, kelihatannya kita tidak perlu jauh-jauh ke sana. Sudah ada banyak franchise Amerika di Indonesia. Tapi selain Coca Cola, negeri Paman Sam ini juga punya root beer float sebagai minuman khasnya.

Root beer sendiri mendapatkan nama dan rasa uniknya dari akar pohon sassafras. Kini sassfras sudah tidak dipergunakan sebagai bahan baku utama root beer karena alasan kesehatan, diganti dengan campuran bahan lain. Untuk menambah nikmat, es krim pun ditambahkan di atas root beer. Yummy!

4. Kanada 

Masih bertetangga dengan Amerika, apabila berkunjung ke bagian Kanada yang dominan Prancis, cobalah Sortilege. Minuman dengan nama Prancis ini merupakan whiskey yang terbuat dari sirup mapel yang merupakan kebanggan Kanada. Selain itu juga ada minuman bernama Coereur des Bois yang populer di kalangan wanita.

Orang Kanada memang suka mencampur sirup mapel ke dalam minumannya. Itulah yang menjadi asal minuman Sortilege. Kalau mau lebih seperti orang tradisional Kanada, cobalah untuk minum getah pohon mapel dari pohonnya langsung. Konon rasanya lebih enak dan sehat.

5. Argentina
Bagi pecinta minuman teh berkafein, cobalah yerba mate yang merupakan minuman khas dari Argentina. Rasanya sama seperti teh, hanya saja ada tradisi untuk meminumnya hanya bersama teman. Yerba mate dapat dibeli dalam format kantong teh, tinggal tambahkan gula dan susu saja.

Aturan minumnya pun unik saat bersama teman. Yerba Mate selalu disajikan dalam satu bejana tanah liat dengan saringan daun teh. Bejana tanah liat pun dioper ke setiap orang dalam lingkaran dan diisi kembali apabila habis. Ada mirip dengan adat minum teh di Tiongkok.


Udara Selandia Baru yang dingin tidak membuat penduduknya tidak menyukai minuman lemon segar. Sesuai slogan Selandia Baru 'World Famous in New Zealand,' Lemon & Paeroa atau biasa disingkat L&P, cukup populer di sana.

Bahan utama minuman Lemon & Paeroa adalah air mineral yang berasal dari Kota Paeroa. Dicampurkan dengan lemon, Anda akan mendapat sensasi segar lemon yang bahkan disukai oleh binatang Kiwi. Mungkin seperti soda lemon.

7. India 

Bagian Selatan India terkenal beriklim tropis, tentunya ada minuman khas yang dapat Anda nikmati. Jigarthanda, minuman dingin yang banyak ditemui di Kota Madurai. Bahannya cukup unik, susu, sirup sarsaparilla, almon, hingga rumput laut. Namun rasanya cukup enak.

Jigarthanda sendiri memiliki arti 'hati yang sejuk' dalam bahasa India. Arti lainnya, Jigar adalah roh atau keberanian, dan Thanda adalah kapten kapal. Jadi, Jigarthanda pada awalnya merupakan makanan para pengelana laut dahulu kala. 




No comments:

Post a Comment