Tuesday, November 4, 2014

Tips Jalan Kaki Saat Liburan


http://www.hasanahqaromah.com/


Banyak transportasi yang bisa dipilih saat liburan. Namun jika ingin menjelajah dengan kedua kaki, tak ada salahnya juga. Berikut tips liburan keliling dengan berjalan kaki.

Mungkin untuk hemat, mungkin juga agar ingin lebih intim dengan destinasi pilihan liburan Anda. Eits, jangan asal jalan kaki. Inilah 5 tips bagi traveler yang ingin keliling dengan jalan kaki:

1. Gunakan sandal atau sepatu nyaman

Inilah yang paling penting. Pilihlah sandal atau sepatu yang nyaman. Jika ingin menggunakan sandal, jangan pakai yang bisa membuat lecet atau terlalu keras. Dasar sandal atau sepatu yang terlalu keras membuat Anda akan cepat lelah.

Jika ingin menggunakan sepatu, pilihlah yang memiliki sirkulasi udara. Jangan mengutamakan gaya atau merk, tapi malah menyakiti kaki.

2. Gunakan tas punggung

Berjalan kaki dengan tas yang hanya disampirkan di salah satu bahu akan membuat Anda mudah pegal. Hal ini mungkin takkan terasa jika hanya jalan sebentar.
Namun jika sudah berjalan lama dan jauh, beban di punggung pun akan terasa. Dengan memilih tas punggung, beban dibagi rata antara punggung kanan dan kiri. Sehingga, perjalanan dengan kedua kaki Anda pun bisa lebih nyaman dan menyenangkan.

3. Pilih jalan yang tidak membosankan

Tepian jalan penuh kendaraan atau gedung-gedung monoton sering membuat perjalanan terasa lebih bosan dan berat. Jika ada pilihan, gunakan jalan yang tidak membosankan.

Misal ada jalan kecil yang berliku namun penuh dengan pemandangan cantik, mengapa tidak ambil yang itu saja? Atau, ambillah jalan dengan pemandangan tepi pantai dan sejenisnya. Pemandangan dan suasana yang menyenangkan bisa membuat jalan kaki tidak terasa.

4. Dengarkan musik

Mendengarkan musik favorit sambil berjalan santai, Anda takkan sadar sudah sejauh apa bisa berjalan. Hal-hal yang menyenangkan bisa mengurangi rasa lelah dan bosan.

Namun ada yang harus diperhatikan yaitu jangan menyalakan musik terlalu kencang. Ini bisa membahayakan Anda. Bisa saja Anda dicopet, atau terserempet kendaraan.

5. Bawa air minum

Sepele, namun penting. Pastikan untuk memasukkan air putih ke dalam tas jika berencana keliling dengan berjalan kaki. Rasa haus yang datang jangan didiamkan begitu saja. Jika haus, segera minum. Karena jika tidak, Anda bisa terkena dehidrasi dan malah jatuh sakit. Tak mau kan liburan malah terkapar di kamar hotel atau rumah sakit?

No comments:

Post a Comment