Tuesday, November 25, 2014

Trik Keuangan Sebelum Pelesiran ke Luar Negeri


http://www.hasanahqaromah.com/


Mau berlibur keluar negeri? Tapi uang Anda pas-pasan. Takut tidak cukup ketika sudah berangkat. Gimana ya cara menyiasatinya?

Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning, Pandji Harsanto, SE, CFP, CHt, mengatakan pergi ke luar negeri rasanya menyenangkan apalagi untuk acara liburan.

Kita bisa bertemu suasana baru, pengalaman baru, bahasa yang berbeda rasanya seperti pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Nah supaya liburan kita bisa tetap fun dan kantong tidak jebol apalagi sampai bayar utangan akibat liburan, Berikut tips nya:

Buat perencanaan

Perencanaan ini antara lain destinasi wisata, waktu keberangkatan, jangka waktu berpergian (peak season atau low season). Dalam hal ini mulai dari tiket pesawat, biaya penginapan dan sebagainya.

Hitung kebutuhan liburan

Perincian kebutuhan harus sudah dihitung di awal antara lain kebutuhan transportasi, akomodasi, kebutuhan makan, camilan, objek wisata, dokumen perjalanan dan biaya oleh-oleh. Manfaatkan internet untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya sehingga Anda tahu kebutuhan anggaran untuk semua pos tersebut.

Siapkan dana ekstra 20 persen

Misalkan Anda sudah menghitung seluruh kebutuhan liburan Anda sebesar Rp 20 juta, dana yang harus Anda siapkan idealnya ditambah 20 persen jadi Rp 24 juta. Sehingga ketika tiba-tiba ada keinginan yang berlebih pada saat liburan, kita memang sudah ada dananya. Paling pantang korek-korek dana darurat untuk memenuhi tambahan keinginan liburan. Toh andaikan dana ekstra 20 persen jika tidak terpakai masih bisa untuk kebutuhan liburan lagi, ataupun jika mau di tabung dan investasi silahkan. Penting sekali untuk bisa menikmati liburan tanpa ada perasaan bersalah karena memakai dana yang lain.

No comments:

Post a Comment