Tuesday, November 18, 2014

Inilah 10 air mancur paling spektakuler di dunia




http://www.hasanahqaromah.com/
Saat ini, air mancur bukan hanya sekedar air yang menyemprot lurus ke atas. Banyak air mancur unik di berbagai negara yang bisa dikunjungi, dari yang berwarna-warni seperti pelangi hingga menari mengikuti alunan musik.

Melihat air mancur bisa menjadi pilihan wisata romantis bersama pasangan dan keluarga. Perpaduan pencahayaan dan alunan musik membuat berbagai air mancur terlihat spektakuler. 

Inilah 10 air mancur paling spektakuler di dunia :

1. Banpo Moonlight Rainbow Fountain, Seoul 

Selain dikenal dengan boyband dan girlband, Seoul juga punya jembatan dengan air mancur terpanjang di dunia. Banpo Moonlight Rainbow Fountain merupakan air mancur di sepanjang Jembatan Banpo, Seoul, Korea Selatan.

Air mancur mengalir di kedua sisi jembatan yang panjangnya mencapai 1.140 meter. Air mancur ini dipercantik dengan 10.000 lampu LED yang membuatnya berwarna-warni seperti pelangi. Selain itu, 190 ton air dikeluarkan setiap menit dan menyembur hingga 43 meter.

Setiap bulan April hingga Oktober diadakan pertunjukan air mancur. Jadi, pada pertunjukan ini anda menyaksikan air mancur pelangi yang seakan menari. Air mancur ini memang diprogram untuk bisa bergerak senada dengan alunan musik.

2. Swarovski Crystal Head Fountain, Innsbruck 

Swarovski Crystal Head Fountain terletak di Museum Swarovski di Innsbruck, Austria. Air mancur ini disebut sebagai air mancur yang aneh tetapi keren karena bentuknya yang menyerupai kepala manusia raksasa.

Andre Heller adalah seniman berkebangsaan Austria yang mendesain air mancur ini. Swarovski Crystal Head Fountain berbentuk kepala yang dilapisi rumput pada permukaannya dan dipasangi kristal besar di bola matanya. Sebenarnya air mancur ini adalah pintu masuk ke dalam museum.

Saat ini, kawasan air mancur sedang ditutup dan akan dibuka lagi pada bulan Mei 2015. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan momen-momen di depan air mancur yang bentuknya unik ini.

3. Fountains of Bellagio, Las Vegas 

Air mancur yang satu ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Fountains of Bellagio beralamat di 3600 las Vegas Boulevard, Las Vegas, Amerika Serikat. Pembangunannya menghabiskan 40 juta dolar Amerika.

Fountains of Bellagio ini terdiri dari 8.000 meter pipa, 1.200 nozel untuk mengatur arah pergerakan air air dan 4.500 lampu. Air mancur ini dapat memuncratkan air hingga mencapai ketinggian yang setara dengan gedung 24 lantai. Maksimal air setiap sekali semprotan mencapai 77.284 liter.

Pada setiap pertunjukannya, Fountains of Bellagio menampilkan pergerakan yang berbeda mengikuti lagu yang diputar. Baru-baru ini musik dari DJ Tiesto yang digunakan saat pertunjukan.

4. The Fountain of Wealth, Singapura 

The Fountain of Wealth pernah dianugerahi sebagai air mancur terbesar oleh Guinness World Records pada tahun 1998. Air mancur ini terletak di luar pusat perbelanjaan Suntec City.

The Fountain of Wealth berukuran 1.683 m2 dan dapat menyemprotkan air setinggi 13 meter. Pada malam hari diadakan pertunjukan laser dan ditampilkan pesan-pesan pribadi di air mengalir.

Berkunjung ke air mancur ini mungkin bisa membuat Anda kaya. Berbeda dengan air mancur lain yang biasanya jadi tempat melempar koin, Anda malah bisa mengambil koin di sini. Selama siang hari air mancur dimatikan dan Anda bisa mengambil koin untuk keberuntungan.

5. Tap Fountain, Menorca 

Ada yang unik dari Tap Fountain di Santa Galdana, Pulau Menorca, Spanyol. Air mancur ini keluar dari keran air yang melayang di udara. Pembuat Tap Fountain memiliki cara tersendiri untuk membuat ilusi keran air yang melayang di atas air mancur.

Sebuah mesin jet dipasang untuk memompa air. Mesin jet ini mengeluarkan air terus menerus sehingga menutupi sebuah pipa transparan yang dipasang untuk menyangga keran air raksasa di atasnya. Selain di Spanyol, air mancur yang menggunakan trik ini juga ada di Belgia dan London.

6. Dubai Fountain, UEA 

Dubai di Uni Emirat Arab, tidak ada habisnya membuat wisatawan terpukau. Untuk melengkapi kemegahan Burj Khalifa yang termasuk salah satu gedung tertinggi di dunia itu, dibuat air mancur spektakuler di depannya.

Dubai Fountain terletak di danau di depan Burj Khalifa. Panjang air mancur mencapai 275 m dan dapat bergerak mengikuti alunan musik. Air mancur ini sangat spektakuler karena memiliki 5 mesin jet yang dapat menyemprotkan air yang tingginya setara dengan bangunan 50 lantai. Wow!

Dubai Fountain juga dilengkapi dengn 6.600 lampu LED dan 25 proyektor warna yang memungkinkan mesin jet menampilkan berbagai gambar. Cahaya dari tengah air mancur dapat terlihat hingga sekitar 32 km, membuatnya menjadi titik tercerah di Timur Tengah.

7. Aquanura, Belanda 

Air Mancur Aquanura dibuat dalam rangka memperingati hari jadi Efteling Theme Park yang ke-60. Aquanura terletak di dalam Efelin Theme Park, Europalaan 1, Kaatsheuvel, Belanda.

Aqunura terdiri dari 200 air mancur dan 900 lampu, semua disusun berjajar. Pertunjukan Aquanura menampilkan kombinasi dari pencahayaan, air, api dan musik dari Brabant Orchestra. Pertunjukan ini menarik 6.500 penonton setiap harinya

8. Lotte World Musical Fountain, Korea Selatan 

Selain air mancur pelangi di Seoul, Korea Selatan punya 1 lagi air mancur spektakuler, Lotte World Musical Fountain. Ini merupakan air mancur indoor yang paling tinggi di dunia. Air mancur ini ada di dalam Gwangbok Lotte Department Store di Busan, Korea Selatan.

Lotte World Musical Fountain dilengkapi dengan sistem pencahayaan teknologi tinggi, warna dan 16 lagu berbeda yang digunakan sebagai musik latar. Air mancur ini selesai dibuat pada tahun 2010. Saat ini Lotte World Musical Fountain menarik 20.000 pengunjung setiap harinya dan dinobatkan sebagai tempat yang paling populer di Busan.

9. Longwood Gardens Fountains, AS 

Longwood Gardens Fountains sudah berusia puluhan tahun namun keindahannya masih dapat Anda saksikan hingga saat ini. Air mancur ini dibangun pada tahun 1931 di Longwood Gardens, Kennett Square, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Longwood Gardens Fountains memiliki 380 nozel dan 18 pompa yang dapat menyemprotkan 37.854 liter air per menit dengan ketinggian hingga 39 m. Selain itu ada juga lampu warna warni untuk memperindah tampilan air mancur

10. Turning Heads Fountain, AS 

Turning Heads Fountain memiliki bentuk yang unik. Bentuknya seperti kepala manusia yang kebesaran dan setengah terendam di dalam air. Anda dapat melihat air mancur ini di Kota Walnut Creek, California, Amerika Serikat.

Air mancur unik ini dibuat oleh Seyed Alavi, seniman lokal yang ingin membuat sebuah karya seni untuk anak-anak tetapi juga mewakili isu-isu yang mengena di hati. Alavi kemudian memutuskan untuk menggabungkan konsep kelahiran, kebangkitan, kebijaksanaan dan komunitas.




No comments:

Post a Comment