Tuesday, November 4, 2014

Jembatan Gantung Paling Spektakuler di Dunia

http://www.hasanahqaromah.com/tour-muslim-eropa-barat-dan-eropa-timur-11-apr-28-apr-2015-musim-semi/#more-574


Jembatan gantung seringkali membuat traveler bergidik ngeri karena ketinggiannya. Jika mengaku penguji adrenalin, 10 jembatan gantung ini patut didatangi. Pemandangannya spektakuler, namun Anda harus ekstra hati-hati!

Wisata ke jembatan gantung bisa menimbulkan sensasi tersendiri bagi para wisatawan. Untuk Anda penyuka wisata ketinggian, jembatan gantung cocok dimasukkan ke dalam daftar itinerary. Berikut 10 jembatan gantung paling spektakuler di dunia :

1. Peak Walk, Swiss 

Peak Walk, jembatan gantung yang baru diresmikan bulan Oktober ini terletak di Bern, Swiss. Jembatan ini membentang sejauh 107 meter, menghubungkan puncak pegunungan Glacier 3000 dan Scex Rouge.

Peak Walk akan buka sepanjang tahun. Pemandangan indah deretan pegunungan Alpen seperti puncak Mont Blanc, The Matterhorn, Eiger, Monch dan Jungfrau dapat anda nikmati dari jembatan ini.

2. SkyBridge, Rusia 

Bagi pecinta wisata uji nyali, SkyBridge bisa jadi pilihan yang cocok untuk Anda. SkyBridge masih bagian dari Sochi SkyPark yang terletak di Jalan Cossack Ford, Krasnoflotskay, Sochi, Rusia.

Anda dapat melihat pemandangan Laut Hitam dari jembatan gantung yang memiliki panjang 439 meter ini. Terdapat dua area observasi untuk menikmati pemandangan Laut Hitam. Jika Anda berani menyeberangi jembatan ini, sebaiknya Anda juga mencoba Bungee Jumping yang disediakan di bagian tengah SkyBridge.

3. Aiguille du Midi Bridge, Prancis 

Aiguille du Midi Bridge menghubungkan puncak utara dan selatan Aiguille du Midi yang termasuk dalam pegunungan Alpen di Perancis. Di sini, Anda dapat menyaksikan pemandangan indah tiga negara sekaligus yaitu, Perancis, Swiss dan Italia.

Aiguille du Midi Bridge cukup menguji nyali karena letaknya yang sangat tinggi. Jembatan ini terletak di ketinggian 3842 meter diatas permukaan laut. Untuk mencapai Aiguille du Midi Bridge anda harus menaiki kereta gantung vertikal tertinggi di dunia.

4. Tigbao Hanging Bridge, Filipina 

Tigbao Hanging Bridge terletak di atas Sungai Loboc, Provinsi Bohol, Filipina. Jembatan gantung ini terletak diketinggian 25 meter.

Tigbao Hanging Bridge terlihat rapuh untuk menyeberang. Namun sebenarnya jembatan ini aman untuk digunakan. Tigbao Hanging Bridge terbuat dari metal tetapi kemudian dilapisi bambu agar terlihat lebih menyeramkan. Jembatan ini sangat cocok untuk berfoto ala Indiana Jones. Anda dapat membeli topi ala Indiana Jones di kios-kios sekitar sungai.

5. Taman Negara National Park Bridge, Malaysia 

Taman Negara National Park Bridge ini terletak di dalam Taman Negara, Pegunungan Titiwangsa, Malaysia. Jembatan dengan panjang 530 meter ini disebut-sebut sebagai jembatan gantung terpanjang dan tersempit di Malaysia.

Taman Negara National Park Bridge membentang di sepanjang puncak-puncak pohon di Taman Negara. Setiap pagi dilakukan pengecekan keamanan terhadap jembatan. Jadi Anda tidak perlu merasa takut untuk mencoba menyeberang di jembatan gantung ini.

6. Capilano Suspension Bridge, Kanada 

Capilano Suspension Bridge merupakan jembatan gantung tertua di Vancouver, Kanada. Lebih dari 7 juta pengunjung mendatangi jembatan ini setiap tahun. Capilano Suspension Bridge beralamat di 3735 Capilano Road, Vancouver Utara, British Columbia, Kanada.

Jembatan gantung ini membentang sepanjang 137 meter dan terletak pada ketinggian 70 meter diatas sungai Capilano. Pada tahun 1956 jembatan ini dibangun kembali. Namun sebenarnya jembatan ini dibangun pertama kali oleh George Grant Mackay, seorang insinyur berkebangsaan Skotlandia tahun 1889.

7. Hanging Bridge of Ghasa, Nepal 

Hanging Bridge of Ghasa tidak hanya digunakan untuk menyeberang oleh manusia tetapi juga hewan. Jembatan gantung ini terletak di Annapurna Circuit, Nepal.

Jalanan di Ghasa banyak yang sempit. Untuk mengurangi kemacetan, dibangunlah jembatan gantung ini untuk menggiring hewan ternak seperti keledai, sapi dan kambing. Hingga sekarang jembatan ini paling sering dilewati hewan ternak beserta petani yang membawa hasil bumi untuk penduduk lokal

8. Trift Bridge, Swiss
Trift Bridge terletak di Grimselworld Trail, Gadmen, Swiss. Jembatan gantung ini merupakan yang paling panjang dan paling tinggi di pengunungan Alpen.

Trift Bridge dapat diakses melalui kereta gantung karena terletak di ketinggian 170 meter. Struktur jembatan gantung ini dibuat berdasarkan jembatan tali tradisional Nepal. Trift Bridge menjadi satu-satunya akses yang bisa dilewati pendaki ketika gletser di pegunungan mulai mencair.

9. Carrick-a-Rede Rope Bridge, Irlandia 

Carrick-a-Rede Rope Bridge merupakan salah satu tempat wisata populer dikalangan wisatawan. Jembatan gantung ini terletak di Whitepark Road, Ballintoy, County Antrim, Irlandia Utara. Carrick-a-Rede Rope Bridge menghubungkan daratan utama Irlandia dan Pulau Carrick-a-Rede.

Jembatan ini sebenarnya dibangun agar nelayan dapat menyeberangi jurang sedalam 30 meter untuk mengecek berapa banyak ikan Salmon yang sudah tertangkap di dalam jaring. Banyak wisatawan yang melakukan berbagai adegan berbahaya di atas jembatan, termasuk penduduk lokal yang berdiri menggunakan tangan di tengah jembatan.

10. Kokonoe "Yume" Grand Suspension Bridge, Jepang 

Kokonoe "Yume" Grand Suspension Bridge dibangun tahun 2006. Jembatan gantung ini terletak diketinggian 390 meter dan beralamat di 1208 Tano, Kokonoe machi, Kusu-gun, Oita, Jepang.

Saat berkunjung ke tempat ini Anda dapat menikmati keindahan Air Terjun Shindonotaki. Selain itu, setelah berkeringat mendaki ke atas jembatan, Anda dapat berendam di pemandian air panas di dekat area jembatan. Pemandian air panas memang banyak ditemukan di wilayah Oita.

No comments:

Post a Comment