Wednesday, February 11, 2015

Situs Warisan Dunia UNESCO yang Paling Indah




Situs warisan dunia memang memesona dan punya sejarah. UNESCO sebagai badan internasional yang melindungi dan menjaganya, menyebut beberapa situs yang dianggap sangat indah. Seperti, 8 tempatnya berikut ini!


Mulai dari Angkor Wat di Kamboja, sampai Taman Nasional Goreme & Cappdocia di Turki. Dilansir dari CNN, berikut 8 situs warisan dunia yang dianggap paling indah menurut UNESCO:


1. Angkor Wat, Kamboja

Tersembunyi di balik akar pepohonan yang melingkar di tengah lebatnya hutan Kamboja, terdapat situs bersejarah Angkor Wat dan Angkor Thom. Kuil yang didedikasikan untuk Dewa Hindu Wishnu tersebut, menyimpan peninggalan Kerajaan Khmer dari abad ke-9 hingga ke-15.


Traveler dapat mencapai Angkor dengan menaiki tuk-tuk dari Kota Siem Reap. Biasanya, turis mengunjungi Angkor Wat antara bulan november dan Februari. Udara di Angkor cenderung kering dan sejuk, antara 25-30 derajat celcius


2. Acropolis, Yunani

Penikmat sejarah Eropa, tentu sudah mengenal situs Acropolis di Yunani. Benteng kuno Grecian tersebut dibangun pada abad ke-5 sebelum masehi, dan masih tetap terlihat cantik dan ramai didatangi.


Sejarahnya, Acropolis telah diserang oleh orang Byzantin, dan sempat dirubah dari kuil menjadi gereja. Dengan sejarah panjang, Acropolis tetap menjadi situs warisan dunia yang penting dalam mitos Yunan


3. Bagan, Myanmar

Terletak di sisi pusat bagian Barat Myanmar, Bagan dapat dicapai dengan bus dan kereta dari Yangon. Sebagai ibukota pertama Kerajaan Myanmar, komplek Buddha di Bagan yang terletak di tepian Sungai Irrawaddy, menyimpan lebih dari 2.500 monumen dari abad kesepuluh.


Tidak sedikit traveler yang memuji keindahan Bagan, khususnya menjelang sunrise dan sunset. Bagi yang mau menginap, akomodasi ada di desa sekitar New Bagan dan Nyaung Oo.



4. Kepulauan Galapagos, Ekuador

Sebagai salah satu situs warisan dunia yang diresmikan UNESCO tahun 1970-an, Kepulauan Galapagos di Samudera Pasifik disebut oleh Charles Darwin sebagai 'dunia kecil dalam pulaunya'. Di kepulauan inilah, sejumlah fauna sepeti anjing laut hidup tanpa diusik manusia.


Kepulauan Galapagos terletak hampir 1.000 kilometer dari pulau utama Ekuador. Adapun traveler dapat mencapainya lewat penerbangan dari Quito dan Guayaquil. Opsi lainnya adalah dengan menggunakan jasa cruise untuk mengelilingi pulau.


5. Taman Nasional Goreme & Cappadocia, Turki


Melihat barisan batu tidak biasa di Taman Nasional Goreme dan Cappadocia di Turki, rasanya seakan berada di dunia lain. Batuan alam yang ada di sana tercipta akibat proses erosi alami. Adapun yang terkenal adalah Urgup, Avanos, dan Nevsehir, desa kuno dari abad keempat.


Berhubung letaknya sedikit terpencil, pengunjung seringkali menuju Taman Nasional Goreme dan Cappadocia dengan menggunakan pesawat dari Istanbul. Asyiknya lagi, hotel di daerah tersebut terbuat dari batu, layaknya gua alami.


6. Great Barrier Reef, Australia

Berpindah ke Australia, terdapat situs peninggalan dunia yang tidak kalah indah, yaitu Great Barrier Reef. Great Barrier Reef punya lebih dari 3.000 jenis karang yang diselingi lebih dari 600 pulau. Saking besarnya kawasan terumbu karang di sini, bahkan dapat terlihat dari luar angkasa.
Untuk menuju ke Great Barrier Reef, pengunjung dapat terbang dari kota besar di Australia, maupun melalui jalur darat dari pelabuhan di Utara Queensland.

7. Hampi, India


Taj Mahal di India, tidak diragukan merupakan salah satu situs warisan dunia yang megah. Selain Taj Mahal, India juga punya Hampi yang belum banyak dikenal wisatawan.


Hampi menyimpan berbagai monumen berukuran raksasa yang dahulunya merupakan ibukota dari Kerajaan Hindu Vijayanagara. Fokus dari Hampi terletak pada sadel gajah yang dahulu digunakan, Kallina Ratha atau kereta tempur batu, dan Kuil Virupaksha.

Pengunjung dapat menuju Hampi dengan menggunakan bus malam dari Goa. Adapun bisa juga naik kereta dari beberapa kota besar di india.



8. Taman Nasional Los Glaciares, Argentina


Situs peninggalan warisan dunia terakhir ada di Argentina, yakni Taman Nasional Los Glaciares. Bagi Anda yang mengidam-idamkan untuk pergi ke Antartika, coba dulu ke Taman Nasional Los Glaciares di Argentina.


Ini adalah salah satu surganya es. Pengunjung biasanya memulai dari base El Calafate, pintu masuk terdekat menuju Taman Nasional Los Glaciares.

Kalau mau naik bus atau pesawat menuju ke sini juga bisa. Ada penerbangan rutin dan bus dari ibukota Argentina, Buenos Aires.



No comments:

Post a Comment