Thursday, February 19, 2015

Satu-satunya Gurun di Eropa






Benua Eropa terkenal oleh pegunungan salju yang memesona. Namun siapa sangka, Eropa juga punya gurun berupa dataran tandus dengan curah hujan yang minim. Namanya Tabernas Desert, yang terletak di tenggara Spanyol.
Tabernas Desert, dalam bahasa lokal disebut Desierto de Tabernas, adalah satu-satunya gurun di Benua Eropa. Gurun ini terletak di Provinsi Almeria, sebelah tenggara Spanyol.

Tabernas merupakan semi-gurun, sebuah dataran tandus dengan curah hujan minim yakni kurang dari 200 mm per tahun. Meski begitu, Tabernas menjadi salah satu destinasi populer di kalangan turis yang berkunjung ke Spanyol.

Mengutip situs resmi pariwisata Provinsi Almeria, Tabernas Desert dikelilingi beberapa gunung yaitu Sierra Nevada, Gador, Filabres, dan Alhamilla. Meski berupa semi-gurun dan curah hujannya sedikit, temperatur di tempat ini bisa turun drastis mencapai -5 derajat Celcius saat malam.

Tabernas Desert menjadi habitat fauna seperti beberapa jenis reptil dan burung. Tempat ini juga menjadi habitat ular dan kadal, serta burung elang dan burung hantu. Sementara itu, traveler juga bisa menemukan beberapa jenis tumbuhan unik seperti Sea Lavender (Limonium insignis) dan bunga Toadflax Linaria (Nigricans lange).

Karena lanskapnya mirip dataran tandus di AS, Tabernas Desert beberapa kali menjadi tempat syuting film. Traveler bisa mengunjungi 'Mini Hollywood', tempat syuting beberapa film yang terletak 7 km di selatan Tabernas.

Tempat terbaik melihat pemandangan Tabernas Desert adalah sebuah observatorium di wilayah Gergel, sebuah bukit di tepian gurun. Anda perlu sedikit trekking untuk mencapai puncaknya, namun pemandangannya fantastis!

No comments:

Post a Comment