Wednesday, February 11, 2015

6 Bangunan Menakjubkan di Dunia yang Belum Anda Tahu



Banyak sekali bangunan menakjubkan di dunia ini yang belum banyak diketahui traveler. Dari Benteng Derawar yang berdiri kokoh di Pakistan hingga Tembok Besar India. Paling tidak, ada 6 bangunannya.

Berkunjung ke bangunan yang menakjubkan tentunya memberikan suatu pengalaman yang tak terlupakan. Dilansir dari BBC, Selasa (10/2/2015), inilah 6 bangunan menakjubkan yang belum banyak diketahui traveler:


1. Palace of The Parliament, Rumania


Palace of Parliament merupakan gedung administrasi terbesar dengan biaya pembangunan termahal di dunia yang terletak di Bucharest, Rumania. Gedung ini dibangun oleh diktator komunis yang bernama Nicolae Ceausescu pada tahun 1984.

Gedung ini memiliki 12 lantai dan 3.100 ruangan yang dibangun di lahan seluas 330.000 m2. Saking besarnya, untuk membangun Palace of The Parliament 1/5 pusat Kota Bucharest dihancurkan. Fotografer pun cukup kesulitan untuk mendapatkan posisi memotret yang bisa menggambarkan betapa besarnya gedung tersebut.


2. Masjid Agung Djenne, Mali


Ada yang berbeda dari Masjid Agung Djenne ini. Keseluruhan bangunannya dibuat dengan menggunakan lumpur! Masjid yang terletak di Djenne, Mali ini pun disebut-sebut sebagai bangunan terbesar yang dibangun dari lumpur.

Masjid Agung Djenne dibangun pada tahun 1907. Masjidnya ditetapkan sebagai cagar budaya atau World Heriatge oleh UNESCO di tahun 1988. Masjid Agung Djenne mempunyai 3 menara yang dihias dengan gabungan batang kelapa sawit.

Udara Afrika yang cukup panas membuat beberapa bagian dinding masjid ini retak. Setiap tahun sebelum musim hujan tiba, masyarakat lokal melapisi dinding masjid dengan tanah liat.


3. Benteng Derawar, Pakistan


Benteng Derawar terletak di tengah Gurun Cholistan, Bahawalpur, Punjab, Pakistan. Dari pusat Kota Bahawalpur, bentengnya berjarak sekitar 30 km. Benteng ini berbentuk kotak dan dulunya digunakan sebagai tempat berlindung dari serangan musuh.

Jika ingin berkunjung ke benteng, sebaiknya Anda menyewa pemandu sekaligus kendaraan roda empat karena memang lokasinya benar-benar di tengah gurun dan jauh dari pusat kota. Kalau ingin masuk ke dalam benteng, Anda harus minta izin terlebih dahulu dengan pemimpin daerah setempat


4. Chand Baori, India


Saat ini, Chand Baori menjadi sebuah landmark India yang terlupakan. Chand Baori merupakan sumur besar dengan arsitektur yang sangat indah. Sumur ini terletak di Desa Abhaneri, Rajasthan, India.

Chand Baori dibangun pada masa Dinasti Nikumbha. Chand Baori bentuknya tidak seperti sumur kebanyakan yang biasanya berbentuk bulat. Sumurnya terletak di bawah sebuah bangunan kuno dengan bentuk yang cukup unik.

Di dinding atas sampai mendekati sumur, ada banyak anak tangga yang dibangun. Jumlahnya mencapai 3500. Dengan jumlah anak tangga sebanyak itu, Chand Baori menjadi salah satu sumur yang terdalam dan terbesar di dunia.


5. Jembatan Stari Most, Bosnia Herzegovina


Jembatan Stari Most terletak di Mostar, Bosnia Herzegovina. Jembatan dibangun di atas Sungai Neretva tahun 1566 oleh Mimar Hajrudin, seorang arsitek berkebangsaan Turki. Jembatan Stari Most ini dibangun menggunakan 456 bebatuan lokal.

Jembatan Stari Most salah satu landmark negara. Jembatan ini memiliki panjang 30 m, lebar 4m dan tinggi 24 m. Pada tahun 1990, jembatan sempat hancur dalam perang Bosnia. Setelah perang usai jembatan ini kembali di bangun dan dapat digunakan oleh masyarakat umum pada tahun 2004.


6. Tembok Besar India, India


Tak hanya Tiongkok, India pun punya Tembok Besar. Tembok Besar India atau sering disebut Kumbhalgarh merupakan tembok terpanjang kedua di dunia setelah Tembok Besar Tiongkok. Tembok ini terletak di Rajasthan, India.

Panjang tembok mencapai 36 km dengan 7 gerbang masuk. Temboknya dibangun tahun 1443 atas perintah pemimpin lokal yang bernama Rana Kumbha untuk melindungi rumahnya yang berada di atas bukit. Kemudian pada abad ke-19, tembok ini diperbesar dan melindungi lebih dari 360 kuil yang ada di dalam tembok.



No comments:

Post a Comment