Monday, January 19, 2015

Serunya Liburan ke Paris Bersama Keluarga





Eropa menjadi tujuan wisata keluarga Indonesia. Ada banyak destinasi yang menarik di sana, salah satunya adalah Paris, Prancis. Menara Eiffel, Istana Versailles dan Disneyland Paris, bakal jadi tempat seru sekeluarga.

Paris tidak hanya cocok untuk mereka yang mencari destinasi romantis. Tempat berjuluk Kota Cahaya ini juga menarik untuk dikunjungi Anda sekeluarga. Anak-anak butuh tempat dengan suasana ceria dan orangtua juga ingin mengunjungi tempat penting dan populer.

Ada banyak tempat menarik di sana yang membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk dijelajahi sampai tuntas.


1. Hari 1: Disneyland Paris
detikTravel ingin memberikan pendekatan yang berbeda untuk liburan keluarga di Paris, dibandingkan dengan liburan mainstream di Ibukota Prancis ini. Kita tidak memulainya dengan menjelajah Kota Paris, melainkan dengan mengajak anak-anak ke tempat paling ceria di sana yaitu Disneyland Paris.

Bahagiakan anak-anak Anda dengan berjumpa aneka tokoh animasi Disney yang legendaris mulai dari Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy dan aneka putri Disney mulai dari Snow White, Aurora sampai Cinderella. Disneyland Paris adalah taman rekreasi seluas 19 km2 di daerah Marne-la-Vallee, yang berjarak 32 km dari Paris.

Berangkatlah sepagi mungkin, dan nikmatilah waktu sampai malam tiba di sana. Rugi kalau seandainya hanya sebentar di Disneyland Paris. Nikmati wahana top di sana ada istana boneka It's Small World, Pirates of The Carribean dan Buzz Lightyear Laser Blast. Tutuplah liburan di Disneyland Paris dengan pesta kembang api yang meriah di malam hari.

Dari pusat kota Paris, naiklah kereta komuter antar kota RER Line A, turun di Stasiun Marne-la-Vallee-Chessy. Harga tiketnya 65 Euro (Rp 946 ribu) atau 80 Euro (Rp 1,2 juta) jika ingin berkunjung juga ke ke Walt Disney Studios Park, taman rekreasi lain yang bertetangga dengan Disneyland Paris.


2. Hari 2 Pagi: Versailles
Di hari kedua di Paris, kita juga belum jalan-jalan di kota melainkan mengajak keluarga Anda ke istana paling megah di Eropa yaitu Istana Versailles yang berada di luar Kota Paris. Untuk pergi ke sana, kita naik kereta komuter RER jurusan C dari Stasiun Champ de Mars-Tour Eiffel, dekat Menara Eiffel. Tiket keretanya 7 Euro PP (Rp 111 ribu).

Akses dari jalur kereta Metro adalah rute M1, turun di Stasiun Bir Hakiem, dan ada akses khusus ke Stasiun Champ de Mars-Tour Eiffel. Naiklah kereta RER C jurusan Versailles Chateau-Rive Gauche dengan lama perjalanan 45 menit. Jangan bingung, mayoritas penumpang adalah wisatawan yang mau ke Versailles. Begitu tiba di Kota Versailles, semua orang akan berduyun-duyun menuju istana, Anda sekeluarga tinggal ikut saja.

Istana Versailles itu maha besar. Butuh waktu seharian menjelajah istana peninggalan Raja Louis XIV ini. Ada banyak istana di sana,  istana utama dulu yang dijelajahi. Harga tiketnya 15 Euro (Rp 238 ribu). Ada banyak lukisan mahakarya di istana ini. Aneka peninggalan Raja Louis XIV, Ratu Marie Antoinette, ruang pesta dansa Gallery of Glass dan kemudian taman istana yang super luas.


3. Hari 2 Sore: Museum Louvre
Anda sekeluarga kembali ke Kota Paris pada sore harinya. Jangan terlalu sore yah, karena kita akan menuju Museum Louvre. Kenapa sore hari, karena jumlah wisatawannya sudah jauh berkurang dan ada promosi tiket murah untuk hari Rabu dan Jumat sore.

Stasiun Palais Royal-Musee du Louvre yang dilewati kereta Metro M1 dan M7 adalah stasiun terdekat menuju museum. Harga tiket masuk Museum Louvre adalah 12 Euro (Rp 191 ribu), namun khusus Rabu dan Jumat setelah pukul 18.00 ada promo tiket diskon dengan potongan harga sekitar 3 Euro (Rp 47 ribu).

Tidak mungkin menjelajah Louvre dalam sehari, apalagi beberapa jam saja. detikTravel menyarankan Anda sekeluarga langsung mengincar lukisan Monalisa. Setelah itu barulah bebas memilih mau melihat apa dengan waktu yang tersisa.

Aneka lukisan dalam film Da Vinci Code ada di sini, ada juga patung Venus de Milo. Selain itu, ada juga aneka koleksi mumi termasuk patung Ramses II, firaun yang dilawan Nabi Musa. Tidak cukup waktu untuk melihat semua, jadi Anda harus bijak memilih objek apa yang mau dilihat.

4. Hari 3 pagi: Arc de Triomphe
Hari terakhir di Paris, barulah kita menikmati objek wisata di dalam kota. Mulailah petualangan kita dari Arc de Triomphe. Inilah monumen peninggalan Napoleon Bonaparte di tengah-tengah bundaran lalu lintas simpang 12. Monumen berbentuk gerbang ini sangat ikonik dan merupakan salah satu landmark populer di Paris.

Kereta bawah tanah Metro M1, M2, M6 lewat ke tempat ini dan turunlah di Stasiun Charles de Gaulle-Etoile. Untuk mendekat ke Arc de Triomphe, wisatawan bisa melalui terowongan khusus dari seberang jalan. Arc de Triomphe berfungsi sebagai monumen kepahlawanan negara Prancis. Tamu kepala negara asing biasanya meletakan karangan bunga jika sedang berkunjung ke sini.

Mumpung masih pagi, sempatkan juga jalan-jalan sebentar menikmati Champs Elysees. Kita bisa cuci mata menikmati aneka butik, atau ikut mampir ke beberapa cafe untuk menikmati kopi dan anak-anak bisa menikmati croissant layaknya Parisian sejati.


5. Hari 3 siang: Menara Eiffel
Dari Arc de Triomphe, sambung perjalanan keluarga Anda naik kereta Metro M6 turun di Stasiun Bir Hakiem. Begitu keluar stasiun, carilah menara menjulang paling terkenal di Prancis: Menara Eiffel. Berjalanlah mendekat sekitar 200 meter dan Anda akan tiba di sana.

Harap maklum, di kawasan wisata ini akan sangat ramai. Kagumilah menara karya Gustave Eiffel ini bersama ratusan wisatawan lain. Tiket naik ke lantai 2 (pertengahan menara) adalah 9 Euro (Rp 143 ribu) dengan lift atau 5 Euro (Rp 79.600) dengan tangga. Untuk naik ke puncak Menara Eiffel ada tambahan biaya 15,5 Euro (Rp 246 ribu).

Jika mau hemat, nikmati saja menara ini dari Taman Champ de Mars. Suasananya romantis banget di taman ini. Oh ya, akan ada banyak imigran Afrika berjualan gantungan kunci Menara Eiffel. Tawarlah yang gigih, karena harga aslinya hanya 20 sen Euro sebuah (Rp 3.000).


6. Hari 3 sore: Galleries Lafayette
Wisata belanja ke tempat belanja paling tersohor di Paris, Prancis adalah akhir yang sempurna dari liburan 3 hari di sana. Galeries Lafayette di Boulevard Hausmann adalah tempat tujuan para turis berduit, terutama dari Asia. Kalau anak-anak sudah dihibur dengan Disneyland Paris, orangtua pun pasti ingin menghibur diri dengan berbelanja bukan?

Naiklah kereta Metro M7 atau M9 dan turun di Chaussee d'Antin-La Fayette. Keluar dari stasiun, tengoklah bangunan megah menjulang 10 lantai, itulah Galeries Lafayette. Aneka barang branded ada semua di sini, mulai dari Hermes sampai Louis Vuitton.

Kalau uang tidak cukup juga tidak apa-apa, windows shopping melihat aneka barang mewah bisa menjadi hiburan juga. Jangan salah, ada banyak wisatawan Indonesia belanja di sini. Bahkan mereka punya kasir khusus berbahasa Indonesia, lho!

Itulah dia, rincian detil dari liburan keluarga 3 hari 2 malam di Paris. Selamat mencoba dan semoga mendapat liburan yang berkesan bersama pasangan Anda dan anak-anak. Bon voyage!




No comments:

Post a Comment