Tuesday, January 13, 2015

Objek Wisata Yang Harus di Kunjungi Dalam 1 Hari di Ho Chi Minh City




Selain Hanoi, kota lain favorit turis di Vietnam adalah Ho Chi Minh City (HCMC). Kota penuh bangunan bersejarah ini punya banyak suguhan untuk traveler. Berikut 5 destinasi wajib saat berkeliling HCMC dalam 1 hari.

Ada hal yang membedakan HCMC dengan Hanoi. Ibukota Vietnam tersebut berada di bagian utara, sementara HCMC yang dulu bernama Saigon ada di bagian selatan. Suasana kota dan bangunan sejarah sisa komunis pun bertebaran di HCMC. Termasuk, bangunan-bangunan cantik peninggalan Prancis seperti katedral.

Setidaknya ada 5 destinasi yang wajib Anda sambangi ketika traveling ke HCMC. Kelima destinasi ini bisa didatangi dalam 1 hari, beberapa di antaranya terletak berdekatan.


1. Central Post Office
Pagi hari, mulailah perjalanan kamu dari Central Post Office. Ini adalah salah satu peninggalan Prancis yang tercantik di HCMC. Gaya bangunan neoklasik menjadi ciri khasnya. Tahukah Anda, bangunan ini didesain oleh Gustave Eiffel asal Prancis yang juga membuat Menara Eiffel!

Bangunan ini dibuat pada 1886, dan rampung pada 1891. Kini, Central Post Office merangkap kantor pos sekaligus destinasi wisata.

Di lorong bagian depannya terdapat beberapa gerai suvenir yang menjual kerajinan khas Vietnam. Central Post Office buka tiap hari, mulai pukul 08.00-17.00 waktu setempat.


2. Notre Dame Cathedral
Nah, beralih ke bangunan peninggalan Prancis lainnya saat menduduki HCMC. Ada beberapa bangunan bergaya Eropa di kota ini, namun yang wajib Anda kunjungi adalah Notre Dame Cathedral. Letaknya persis di seberang Central Post Office. Usai dari kantor pos antik, kita ke gereja antik.

Katedral ini berlokasi di kawasan Dong Khoi yang terletak di pusat kota. Warga lokal juga mengenalnya sebagai 'Basilica of Our Lady of the Immaculate Conception'. Katedral cantik ini dibangun antara 1863-1880, dengan bahan bangunan yang langsung diimpor dari Prancis.

Katedral ini punya 2 menara lonceng setinggi 58 meter. Notre Dame Cathedral tidak dibuka tiap saat, namun traveler bisa masuk pada waktu-waktu umat Kristen beribadah. Asal jangan mengganggu jalannya ibadah ya!


3. War Remnants Museum
Dari Notre Dame Cathedral, Anda bisa jalan kaki mengunjungi War Remnants Museum. Ini adalah tempat Anda menyaksikan bukti nyata kejamnya AS pada saat Perang Vietnam.

War Remnants Museum, atau disebut juga Exhibition House of American War Crimes, terbagi menjadi 8 tema ruangan. Traveler bisa melihat bukti-bukti foto kekejaman AS terhadap tentara Vietnam, juga aneka bentuk penyiksaan selama berlangsungnya Perang Vietnam.

Museum ini buka mulai pukul 07.30-11.45, kemudian 13.30-17.30 waktu setempat. Harga tiket masuknya 10.000 Dong (Rp 5.800).


4. Reunification Palace
Dulu, Vietnam dibagi menjadi Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Reunification Palace yang berlantai 5 ini dulu menjadi Istana Presiden Vietnam Selatan sebelum akhirnya jatuh ke tangan Vietnam Utara. Perang saudara itu berakhir pada 1975.

Usai dari museum, tujuan selanjutnya adalah melihat Istana Presiden ini di sore hari. Nah, di dalam bangunan inilah traveler bisa melihat beragam bukti sejarah Vietnam. Istana Presiden ini tampak glamor, ruangan-ruangannya pun didesain secara mewah. Namun di bawah tanah, juga terdapat markas penjagaan dan penjara.

Museum ini buka pukul 07.30-11.30, kemudian 13.00-16.00 waktu setempat. Harga tiket masuknya 15.000 Dong (Rp 8.500) per orang.


5. Pasar Ben Thanh
Nah, ini dia destinasi terakhir untuk melengkapi 1 hari berkeliling HCMC. Ben Thanh disebut-sebut sebagai 'jantungnya' HCMC. Pada dasarnya Ben Thanh adalah pasar modern yang menjual aneka barang, termasuk suvenir khas Vietnam.

Tak heran, pasar ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Di dalamnya terdapat banyak kios yang menjual pernak-pernik. Mulai dari gantungan kunci, boneka, bantal, tas, t-shirt, sampai teh dan kopi khas Vietnam.

Pasar ini buka tiap hari mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat. Tutuplah perjalanan kamu dengan menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar pasar ini.



No comments:

Post a Comment