Thursday, January 29, 2015

Destinasi Wisata Menarik di Shanghai



Shanghai merupakan salah satu kota metropolitan dan pusat perekonomian di Tiongkok. Selama 2 hari liburan di Shanghai, paling tidak ada 5 destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Liburan 2 hari di Shanghai dijamin tidak membosankan. Melihat pemandangan kota dari ketinggian di Oriental Pearl TV Tower sampai bersantai sambil menyusuri sungai semuanya bisa dilakukan di sini.  berikut referensi 5 tempat yang bisa didatangi selama 2 hari di Shanghai:


1. Hari ke-1 pagi: Oriental Pearl TV Tower
Mari awali hari Anda di Shanghai dengan menikmati pemandangan Kota Shanghai dari ketinggian. Datanglah ke Oriental Pearl TV Tower yang merupakan landmark kota Shanghai dengan ketinggian 468 meter. Menara ini terletak di Lujiazui, Distrik Pudong.

Dari lantai atas Oriental Pearl TV Tower Anda bisa melihat ke berbagai penjuru Kota Shanghai yang memiliki banyak gedung pencakar langit dan jembatan keren. Tersedia juga teropong jika Anda ingin melihat pemandangan dengan lebih jelas.

Asyiknya lagi, Anda bisa uji nyali dengan naik ke salah satu bagian di ketinggian 259 meter yang lantainya terbuat dari kaca. Anda bisa langsung menengok ke bawah dan melihat pemandangan kota di bawah sana.

Setelah puas melihat sekeliling Kota Shanghai dari atas, jangan buru-buru pergi. Di lantai bawah menara ini ada Shanghai Municipal History Museum yang memajang berbagai benda bersejarah Kota Shanghai. Anda bisa wisata sekaligus mengenal sejarah kota metropolitan ini.

Oriental Pearl TV Tower buka sejak pukul 08.00 pagi hingga 21.30. Harga tiket masuknya mulai dari 120 Yuan (Rp 240.000) dan sudah termasuk tiket ke Shanghai Municipal History Museum. Wisatawan bisa naik subway Line 2 turun di Stasiun Lujiazui, Exit 1.


2. Hari ke-1 siang: The Bund
Kalau di Oriental Pearl TV Tower Anda melihat pemandangan Kota Shanghai dari atas, di The Bund Anda bisa menikmati pemandangan kota dari bawah. The Bund merupakan dermaga di pinggir Sungai Huangpu. Lokasinya di seberang Oriental pearl TV Tower.



Di The Bund Anda bisa jalan-jalan melihat berbagai bangunan kuno dan modern yang ada di Kota Shanghai. Anda juga bisa menemukan beberapa patung yang ada di sini, seperti patung Chen Yi, seorang tokoh Kota Shanghai dan juga The Bund Financial Bull atau banteng emas.

Jika ingin menyusuri Sungai Huangpu, dari kawasan The Bund ini Anda bisa naik kapal feri yang beroperasi sejak pukul 09.00-21.00. Harga tiket naik kapal feri mulai dari 2 Yuan sampai 12 Yuan (Rp 4.000-24.000) tergantung seberapa jauh jarak yang Anda tempuh.

Untuk menuju The Bund, wisatawan bisa naik subway Line 2 turun di Stasiun East Nanjing Road, Exit 7. Kemudian Anda tinggal jalan kaki beberapa blok ke arah Sungai Huangpu.

3. Hari ke-1 sore: Yu Garden
Setelah asyik jalan-jalan di pinggir Sungai Huangpu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Yu Garden. Yu Garden atau Yuyuan Garden ini merupakan sebuah kompleks taman yang berada di 218 Anren Street, Huangpu.

Yu Garden didirikan sejak zaman Dinasti Ming, usianya sudah mencapai sekitar 400 tahun. Di dalamnya terdapat banyak pohon, bunga-bunga cantik dan berbagai bangunan bergaya China, misalnya saja gedung pertemuan dan paviliun.

Yu Garden buka setiap hari pukul 08.30-17.30. Harga tiket masuknya sekitar 30 Yuan (Rp 60.000). Jika Anda lapar, jangan khawatir karena terdapat banyak restoran di sekitar taman ini. Untuk menuju tempat ini, Anda tinggal naik subway Line 10, turun di Stasiun Yuyuan Garden exit 1 atau 4.


4. Hari ke-2 pagi: Madame Tussauds Shanghai
Madame Tussauds merupakan museum patung lilin yang memajang berbagai figur orang terkenal seperti selebriti, atlet atau tokoh negara. Museum ini ada dibeberapa kota di dunia, salah satunya Shanghai. Madame Tussauds Shanghai terletak di New World Building No 2-68 Nanjing Xi Road.

Patung lilin yang ada di Madame Tussauds Shanghai jumlahnya sekitar 80. Patung berbagai selebriti dunia, atlet bahkan presiden ada di sini, seperti Tom Cruise, David Beckham, Yao Ming dan Bill Clinton.


Madame Tussauds Shanghai buka setiap hari pukul 10.00-21.00. Harga tiket per orangnya mulai dari 110 Yuan (Rp 220.000) sampai 170 Yuan (Rp 340.000). Potongan harga 30% bisa didapatkan bila membeli tiket via online.

Untuk pergi ke tempat ini, Anda bisa naik subway Line 1,2 atau 8. Kemudian cari pintu keluar exit 7 dan tinggal jalan kaki sedikit ke Madame Tussauds Shanghai.


5. Hari ke-2 siang: Nanjing Road
Liburan ke Shanghai belum lengkap tanpa wisata belanja. Setelah dari Madame Tussauds langsung saja belanja di kawasan Nanjing Road. Nanjing Road mempunyai 2 bagian yaitu Nanjing West Road dan East Road, keduanya sama-sama surga belanja populer di Shanghai.

Ada lebih dari 600 toko yang tersebar di Nanjing Road. Tak hanya toko fashion, di sini juga terdapat aneka restoran, gedung teater dan hotel. Pertokoan yang ada di Nanjing West Road rata-rata menjual barang branded, seperti Louis Vuitton, Dior, Gucci, Hermes dan lain sebagainya.

Untuk Nanjing East Road, tidak hanya menjual barang branded. Banyak toko tradisional yang menjual sutra, giok dan aneka pernak-pernik. Jalanan ini khusus untuk pejalan kaki, jadi Anda bisa lebih leluasa memilih barang tanpa harus waspada terhadap kendaraan yang lewat.

Untuk pergi ke tempat ini, Anda bisa naik subway Line 1,2 atau 8. Kemudian cari pintu keluar exit 7 dan tinggal menyeberang jalan ke Nanjing Road. Atau jika Anda keluar dari Madame Tussauds tinggal pilih mau ke arah kiri atau kanan, sama saja.


No comments:

Post a Comment