Sunday, January 25, 2015

Labirin Vertikal Tertinggi di Dunia



Ini adalah kesekian kalinya Dubai, Uni Emirat Arab, memecahkan rekor dunia dalam hal arsitektur bangunan. Kini kota tersebut punya labirin vertikal tertinggi di dunia, terpatri di tembok gedung 55 lantai!

The Maze Tower, begitu nama gedungnya, terletak di Skeikh Zayed Road yang berada persis di kawasan Dubai Financial District. Gedung ini tampak nyentrik karena garis-garis tak beraturan di salah satu sisinya, yang adalah labirin vertikal tertinggi di dunia.

Ya, rekor ini diakui oleh World Record Academy pada 20 Januari 2015. Mengutip situs resmi World Record Academy, Jumat (23/1/2015), labirin ini menggunakan batu alam dari Brasil, yakni brazilian Verde Bahia.

Bukannya tanpa pola, garis-garis tersebut membentuk labirin asli dengan 1 jalan keluar. Seluruh eksteriornya pun menggunakan permainan cahaya sehingga tampak seperti batu raksasa.

"Kami ingin The Maze berbentuk seperti keluar dari sebuah batu raksasa. Oleh karena itu kami menggunakan permainan cahaya dan bayangan," tutur Hasan Abdulla Al Rostamani, Vice Chairman dari Al Rostamani Group sebagai pengonsep The Maze Tower.

Gedung canggih ini juga punya 4 keunikan lain. Pertama adalah The Maze Eye, sebuah layar bundar dengan kemampuan melihat pemandangan jarak jauh. Kedua, lampu LED di seluruh eksterior bangunan sehingga membuatnya berwarna-warni saat malam.

Ketiga, satu lantai khusus taman yang berada di paling tengah bangunan. Terakhir, labirin versi 'mini' yang terletak di area rooftop gedung.

No comments:

Post a Comment