Sunday, January 11, 2015

Event Wisata Menarik di Dunia Tahun 2015



Di Tahun 2015, ada banyak event wisata menarik yang tersebar di berbagai negara. Eventnya bervariasi dari acara olahraga, perayaan tahun baru, sampai musik. Catat! Berikut 10 event wisata di dunia pada tahun 2015.

Mulai dari event Lunar New Year atau Imlek yang paling dekat, hingga perayaan 50 tahun tahun kemerdekaan Singapura. inilah 10 event menarik dunia di tahun 2015 


1. Lunar New Year, Macau

Event yang paling dekat ada di bulan Februari, yaitu Lunar New Year atau perayaan Tahun Baru Imlek. Perayaan Tahun Baru Imlek untuk tahun ini jatuh pada 19-21 Februari. Macau akan menjadi salah satu tempat di dunia yang heboh perayaannya.

Macau sendiri punya salah satu kuil tertua yang bernama A-Ma Temple. Event perayaan Tahun Baru Imlek akan berlangsung sangat meriah di sana. Di Indonesia sendiri, kawasan Pecinan sampai Singkawang di Kalimantan Barat juga akan meriah dengan perayaan Tahun Baru Imlek.


2. Songkran Thai New Year, Thailand

Selain perayaan Tahun Baru Imlek di Macau, Thailand juga punya perayaan tahun baru sendiri. Pada 13-15 April 2015, Thailand akan merayakakan Songkran. Pesta basah-basahan pun akan menghiasi berbagai kota besar di Thailand, seperti Bangkok.

Sejarahnya, masyarakat Thailand merayakan Songkran dengan mengunjungi kuil dan membasahi tangan masing-masing dan Patung Buddha untuk meminta berkah. Lama kelamaan tradisi tersebut berkembang menjadi 


3. Gnaoa World Music Festival, Maroko

Traveler penikmat musik, akan ada event Gnaoa World Music Festival pada 14-17 Mei 2015. Event musik yang diselenggarakan di Kota Essaouira, Maroko, akan menghadirkan berbagai musik jazz, pop, rock, hip-hop, dan musik kontemporer dunia.

Festival Gnaoa sendiri telah diselenggarakan sejak akhir tahun 1990-an. Performer pun datang dari berbagai sudut Benua Afrika untuk menampilkan musik yang terbaik. Info lebih lengkap dapat dilihat di festival-gnaoua.net.


4. Cheung Chau Bun Festival, Hong Kong

Pada 22-26 Mei 2015, Hong Kong akan merayakan Festival Cheung Chau Bun. Festival ini dirayakan oleh masyarakat dengan berlomba mengambil bakpao yang ditaruh di atas menara bambu. Bakpao tersebut dipercaya menjadi simbol keberuntungan.

Tradisi unik tersebut pertama kali muncul pada periode Dinasti Qing, tahun 1644-1911. Saat itu, penyakit membunuh ribuan penduduk di Cheung Chau, sebuah pulau di selatan Hong Kong. Altar dan doa pun dilakukan untuk mengusir penyakit tersebut. Tradisi tersebut pun diperingati dalam Festival Cheung Chau Bun.


5. Singapore's Golden Jubilee Celebrations, Singapura

Singapura akan merayakan pesta 50 tahun kemerdekaannya pada 9 Agustus 2015 mendatang. Tidak usah menunggu bulan Agustus, akan ada sejumlah event menarik yang diselenggarakan sepanjang tahun. Namun waktu terbaik tetap jatuh pada bulan Agustus.

Akan ada pesta kembang api, parade, pertunjukan, perlombaan, sampai pembukaan rute pejalan kaki baru dari Civic District ke Marina Bay. Salah satu event yang tidak boleh 


6. Hiroshima/Nagasaki Memorial, Jepang

Hiroshima dan Nagasaki merupakan dua kota di Jepang yang dibom oleh Amerika pada Perang Dunia II. Tragedi perang yang terjadi pada 6 dan 8 Agustus puluhan tahun silam itu, akan kembali dikenang tahun ini.

Tahun 2015 sendiri memasuki 70 tahun peringatan bom Hisroshima dan Nagasaki. Event untuk mengenangnya akan diselenggarakan di kedua kota. Nantinya, berbagai proyek seni akan ada sepanjang tahun.

7. World Indigenous Games, Brasil

Setelah menjadi tuan rumah dari ajang olahraga sepakbola terbesar di dunia, Piala Dunia 2014, Brasil kembali menjadi tuan rumah dari World Indigenous Games pada 18-25 September 2015. Lebih dari 2.000 atlet dari 30 negara akan datang ke Porto Nacional.

Cabang olahraga yang akan dilombakan antara lain, memanah, melempar tombak, kano, gulat, bola, headball, renang, dan berbagai cabang atletik lainnya. Event tersebut telah dilakukan selama lebih dari 10 tahun. Tahun ini merupakan kali pertama event olahraga tersebut mengundang atlet dari luar Brasil.


8. World Puppet Festival, Prancis

Kota Charleville di Prancis merupakan pusat dari seni boneka, sekaligus tempatnya sekolah 'marionette' top dunia. Marionette sendiri merupakan boneka yang digerakkan dengan kayu dan benang dengan bantuan jari. Seni boneka ini banyak berkembang di Prancis.

Perhelatan World Puppet Festival akan digelar di Charleville pada 18-27 September. 150 penampil boneka dari Burma, Mali, dan Yordania akan menampilkan 50 pertunjukan setiap harinya. Keramaian akan bertempat di Grand Palace, serta akan ada 10 hari perayaan di jalan-jalan Charleville.


9. Stuttgart Beer Festival, Jerman

Event minum beer 'Oktoberfest' di Munich, Jerman. tentu sudah sangat dikenal oleh para wisatawan. Kini ada event tandingan yang bernama Cannstatter Wasen, atau Stuttgart Beer Festival. Event tersebut akan diselenggarakan antara 25 September hingga 11 Oktober 2015.

Event yang akan diselenggarakan selama dua minggu itu pertama kalo dilakukan pada tahun 1818. Nantinya juga bianglala, live music, dan berbagai keseruan lainnya.



10. Hogmanay Celebrations, Skotlandia

Perayaan Tahun Baru 2015 belum lama usai, namun tidak ada salahnya untuk mempersiapkan perayaan Tahun Baru untuk tahun depan. Menjelang pergantian tahun di Edinburgh, Skotlandia, ada perayaan Tahun Baru yang bernama Hogmanay.

Lebih dari 100.000 orang hadir dalam perayaan Hogmanay, dimana akan ada 1.000 orang tenaga sukarela. Perayaan akan ditandai dengan menyalakan obor, meniup terompet dan memainkan drum. Anda dapat melihat pesta kembang api, sambil mendengar alunan lagu 'Auld Lang Syne.'



No comments:

Post a Comment