Tuesday, October 14, 2014

Istana Tercantik dari Seluruh Dunia



http://www.hasanahqaromah.com/category/china-muslim/



Istana terkenal sebagai tempat tinggal keluarga Kerajaan atau Kekaisaran. Namun kini, banyak istana di dunia yang bisa dimasuki wisatawan. Inilah 10 istana tercantik di dunia, sudah ke sana?

Beberapa negara, terutama di Benua Eropa punya istana-istana cantik nan megah. Dihimpun  berikut 10 Istana Tercantik di Dunia :

1. Kota Terlarang, Tiongkok
Kota Terlarang adalah gabungan dari banyak istana di tengah Kota Beijing, Tiongkok. Komplek seluas 72 hektar ini dibangun pada 1406-1420. Total, ada 980 bangunan dengan 8.707 ruangan yang dikelilingi kanal sedalam 6 meter dan benteng setinggi 10 meter.

Kota Terlarang didiami bergantian oleh 24 Kaisar yang memerintah Republik Rakyat Tiongkok. Kini, Kota Terlarang pun menjadi daya tarik utama wisatawan di Beijing.

2. Potala Palace, Tibet
Berlokasi di Bukit Marpo Ri, 130 meter di atas Kota Lhasa, Potala Palace mungkin adalah istana paling megah dan mentereng di seantero Tibet. Istana ini menjualng 170 meter di atas Lhasa!

Istananya sudah ada sejak abad ke-7, namun pembangunan istana barunya baru dimulai pada 1645 pada pemerintahan Dalai Lama. Potrang Karpo (White Palace) rampung pada 1648, sementara Potrang Marpo (Red Palace) rampung pada 1694.

3. Alhambra, Spanyol
Siapa sangka, Spanyol juga punya istana cantik berarsitektur Islam yang kental. Adalah Alhambra, sebuah kota yang terletak di Provinsi Granada, Spanyol bagian selatan.

Istana ini dibangun pertengahan abad ke-14 oleh Kesultanan Nasrid. Istana ini menjadi bukti cantiknya seni arsitektur dan seni pahat seniman Islam pada abad tersebut. Sampai saat ini, Alhambra menjadi destinasi populer bagi wisatawan asal seluruh dunia.

4. Palace of Versailles, Prancis
Nah, ini dia salah satu istana tercantik yang paling digandrungi wisatawan. Versailles, terletak di dekat Kota Paris, pertama kali dibangun sebagai rumah peristirahatan dan berburu oleh Louis XIII.

Versailles dibangun pada 1624, kemudian direnovasi habis oleh keturunannya yakni Louis XIV. Mulai 1682, istana ini menjadi rumah tinggal resmi Raja Prancis sampai 1789. Seluruh keluarga kerajaan kembali ke Paris akibat Revolusi Prancis.

5. Chateau de Chambord, Prancis
Versailles bukanlah satu-satunya istana cantik di Prancis. Ada Chateau de Chambord, yang tak kalah megah dan mewah!

Istana di Loire Valley ini punya 440 kamar, 365 perapian, dan 84 tangga. Pembangunannya berawal pada 1519 oleh King Francois I, sehingga dia bisa berburu di hutan sekeliling istana.

6. Topkapi Palace, Turki
Saat Sulan Mehmet menguasai Konstatinopel pada 1453, dia membuat istana yang hingga kini menjadi magnet utama wisatawan: Topkapi. Istana ini menjadi tempat tinggal para pemimpin Kesultanan Usmaniyah selama 4 abad, tepatnya 1465-1853.

Tahun demi tahun, Topkapi Palace mengalami renovasi. Kini komplek istananya terdiri dari 4 halaman utama dengan banyak ruangan, masing-masing sangat indah dari segi arsitekturnya.

 7. Summer Palace, Tiongkok
Summer Palace berlokasi 15 Kilometer dari pusat Kota Beijing, Tiongkok. Komplek istana ini didominasi oleh Longevity Hill dan Kunming Lake.

Sesuai namanya, Summer Palace biasa digunakan oleh keluarga Kekaisaran Tiongkok yang sehari-hari tinggal di Kota Terlarang. Kunming Lake disebut-sebut merupakan replika West Lake di Hangzhou, yang terkenal keindahannya.

8. Schonbrunn Palace, Wina
Schonbrunn Palace di Wina, Italia biasa disandingkan dengan Istana Versailles di Prancis. Betapa tidak, istana megah ini punya 1.441 kamar yang seluruh sudutnya dilapisi kemewahan!

Schonbrunn dibangun antara 1696-1712, kemudian dijadikan istana musim panas oleh Maria Theresa. Schonbrunn Palace Park punya banyak atraksi wisata dari Privy Garden, kebun binatang, sampai labirin dari semak-semak.


9. Mysore Palace, India
Mysore, kota kecil di dekat Bangalore dijuluki sebagai 'Kota Seribu Istana'. Namun dari semuanya, Mysore Palace adalah yang paling terkenal.

Istana ini dibangun pada 1897, setelah bangunan lamanya hancur oleh gempa bumi. Saat Festival Dasara berlangsung pada September dan Oktober, istana ini dipenuhi lampu sehingga tampak berkilauan.




10. Pena National Palace, Portugal
Pena National Palace di Kota Sintra, Portugal dibangun pada 1842 oleh King Ferdinand II. Tak heran ini menjadi istana tertua di Eropa yang bergaya Romantisme.

Istana ini dibangun di atas reruntuhan biara akibat gempa yang melanda Portugal, tahun 1755. Hingga saat ini, Pena National Palace adalah salah satu bangunan yang paling banyak dikunjungi di negara tersebut.









No comments:

Post a Comment