Monday, September 1, 2014

Tembok China atau Great Wall





Belum lengkap berkunjung ke China, kalau belum mampi ke Tembok Besar China. Ada banyak pilihan untuk menjelajahi bangunan bersejarah tersebut, salah satunya adalah naik cable car alias kereta gantung menuju bagian puncaknya. Seru!

Badaling adalah lokasi terdekat dari kota Beijing, yang dapat ditempuh dengan subway. Lalu ditambah dengan naik bus seharga 5 Yuan dengan total perjalanan 2 jam. Di sinilah tempatnya naik kereta gantung.

Sesampainya di pintu masuk Badaling, wisawatan harus berjalan sekitar 500 m untuk menuju keloket penjualan tiket resmi naik kereta gantung. Tiket masuk senilai 40 Yuan dan apabila dengan kereta gantung dikenakan tambahan 80 Yuan pulang-pergi. Total biaya 120 yuan per orang atau senilai Rp 240 ribu, cukup mahal memang. Tapi tak mengapa untuk sebuah kesempatan seumur hidup.

Pintu masuk dengan kereta gantung dibuat cukup megah dengan lantai marmer dan eskalator besar untuk menampung jutaan turis setiap tahunnya. Tidak lama kemudian kami telah sampai dilantai dua gedung dan puluhan orang sedang antri naik kereta gantung. Kereta gantungnya cukup nyaman dan bisa muat 4-6 orang sekali naik.
http://www.hasanahqaromah.com/beijing-ski-muslim-tour-2015/#more-448
Saat kereta gantung meninggalkan stasiun dan mulai beranjak naik, degup jantung terus berdetak. Di bawah kita bisa melihat bukit batu yang terjal dan terlihat gersang di musim semi tetapi berangin sejuk. Ketika angin sedang bertiup kencang diatas normal, jasa cable car akan ditutup untuk alasan keselamatan.

Dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mencapai puncak tembok besar China, jadi bagi yang takut ketinggian jangan lihat ke depan atau ke bawah, cukup mengerikan.

Sesampainya di puncak stasiun, Kita akan memasuki terowongan besar untuk mencapai pintu keluar stasiun. Dan jangan lupa simpan baik-baik tiket kereta gantung untuk pulang balik. Di puncak Tembok Besar China, Kita bisa melihat rangkaian tembok bak naga yang melilit bukit-bukit batu.

Ribuan orang menaiki tembok ini dan ada beberapa bagian yang licin, sehingga kita harus berhati-hati menapaki jalan batu. Dikabarkan beberapa wisatawan tewas tergelincir ditembok cina ketika sehabis hujan atau pada saat musim salju tiba.

Akhirnya kami menghabiskan waktu 2,5 jam menyusuri Tembok Besar China dan kembali kebawah dengan kereta gantung. Sungguh pengalaman sekali seumur hidup yang luar biasa.

No comments:

Post a Comment