Monday, September 22, 2014

Sungai Istimewa di Dunia


http://www.hasanahqaromah.com/category/ziarah-spektakuler-mesir/
http://www.hasanahqaromah.com/category/china-muslim/
http://www.hasanahqaromah.com/category/west-and-east-europe-muslim/



Tiap sungai di dunia pasti menyimpan cerita. Dari semuanya, setidaknya ada 8 sungai paling istimewa yang wajib dijelajahi wisatawan. Dari sungai yang paling panjang, sampai paling suci di dunia. Mengutip CNN, , berikut hitung mundur 8 sungai paling istimewa di dunia 

8. Nil (Afrika)
Nil adalah sungai terpanjang di dunia, melewati 11 negara berbeda di Afrika. Traveler bisa menyusuri sungai ini lewat beragam operator tur di Mesir.

Dari Valley of the Kings sampai kota kuno Luxor akan dilewati saat berpesiar menyusuri Sungai Nil. Anda akan menjadi saksi peradaban yang telah ada sejak 5.000 tahun silam.

7. Gangga (India & Bangladesh)
Gangga adalah salah satu sungai yang dianggap paling suci. Terbentang dari India dan Bangladesh, Sungai Gangga merupakan tempat umat Hindu melakukan beragam ritual serta mandi untuk mensucikan diri. Padahal, air sungai ini tak bisa dibilang bersih. Gangga disebut-sebut menjadi salah satu sungai paling terpolusi di dunia. Namun di bantarannya termasuk di kota suci Varanasi, turis bisa melihat aktivitas dan rutinitas suci umat Hindu di Asia Selatan tersebut.

6. Irrawaddy (Myanmar)
Jika Sungai Gangga disucikan oleh umat Hindu, maka Irrawaddy disucikan oleh umat Buddha. Terbentang di Myanmar, sungai ini dipenuhi kuil-kuil dan desa terpencil yang terletak di bantarannya. Kini sudah ada beberapa operator yang menyediakan tur menyusuri Sungai Irrawady. Anda bisa mengunjungi kuil-kuil, desa terpencil, pasar tradisional, serta tempat-tempat yang disucikan umat Buddha di Myanmar.

5. Danube & Rhine (Eropa)
Danube dan Rhine adalah dua sungai terpanjang di Eropa. Keduanya terhubung oleh sebuah sistem kanal, sehingga melewati 12 negara sekaligus di Eropa!. Traveler bisa menyusuri kedua sungai ini dengan berpesiar. Di bantaran sungainya terdapat kota-kota abad pertengahan, salah satunya Budapest. Katedral kuno bertebaran, kastil-kastil cantik juga bisa dilihat dari sungai in

4. Sepik (Indonesia & Papua Nugini)
Sungai Sepik disebut-sebut sebagai Amazon-nya Asia Pasifik. Membentang di daratan Papua, ini adalah salah satu sungai dengan ekosistem paling kaya di dunia.  Hulunya yakni di pegunungan di tengah Papua, melewati hutan hujan tropis dan hutan bakau. Sungai Sepik bermuara di Laut Bismarck, Papua Nugini. Di bantaran sungai ini, hidup suku-suku terpencil Papua yang belum semuanya terdata.

3. Lijiang (China)
Yangtze bukanlah satu-satunya sungai yang terkenal di China. Sungai Lijiang, biasa disingkat menjadi Li, adalah salah satu yang paling indah. Sungai ini membentang dari Provinsi Provinsi Guangxi ke Yangshio. Panorama tebing karst membentang di kiri dan kanan sungai. Traveler bisa ikut tur pesiar, juga bamboo rafting di beberap

 2. Zambezi (Afrika)
Mau melihat kehidupan hewan liar Afrika dari dekat? Berpesiar di Sungai Zambezi adalah cara paling tepat. Sebagai sungai terpanjang di Afrika, Zambezi menjadi habitat hewan-hewan liar Afrika termasuk gajah dan cheetah. Area Middle Zambezi merupakan perbatasan dua negara, yakni Zambia dan Zimbabwe. Di sinilah, traveler bisa melakukan bungee jumping di Victoria Falls yang terkenal!

1. Amazon (Amerika Selatan)
Nah, ini dia 'raja-nya sungai' di dunia. Amazon yang membentang di Amerika Selatan merupakan sungai dengan ekosistem paling kaya di dunia. Tak hanya flora dan fauna, tapi juga lebih dari 400 suku terpencil yang bahkan tak seluruhnya terdata. Di sungai ini traveler bisa berpesiar, kayaking, juga jungle trekking menuju tempat-tempat tak terjamah.

No comments:

Post a Comment